• Home »
  • Kuliner »
  • Sensasi Deretan Menu Baru Harris Resort Barelang: Black Burger-nya Paling WOW

Sensasi Deretan Menu Baru Harris Resort Barelang: Black Burger-nya Paling WOW

SAAT jalan-jalan ke Jembatan Barelang (Batam, Rempang, dan Galang), sayang rasanya jika tidak mampir menikmati keindahan pemandangan dan kenyamanan fasilitas Harris Resort Barelang. Lokasinya tepat sebelah kanan sebelum Jembatan Barelang Satu.

Saya pun baru menyempatkan diri menikmati resort yang sudah beroperasi sejak 2018 lalu itu, pada hari ini, Senin (8/7/2019). Berangkat ke sana dari International Ferry Terminal Batam Centre bersama beberapa rekan blogger dan media massa Batam. Kami menumpang commuter (shuttle bus) milik Harris Resort Barelang.

Cuaca hari ini memang terbilang ekstrim. Saat berangkat diguyur hujan lebat, kemudian sempat panas sebentar, lalu hujan lebat lagi saat pulang. Agenda jalan-jalan kami hari ini bukan sekadar berkunjung melainkan diundang untuk icip-icip kuliner baru dari sejumlah outlet yang ada di resort ini.

Bersama rekan-rekan blogger dan media didampingi Mas Vicky (baju putih). Photo by menixnews.

Sampai di lokasi, tepat waktunya makan siang. Hidangan yang disajikan pun sangat beragam yang berasal dari lima outlet. Kami pun mencicipi setiap hidangan dan menemukan menu yang paling kami suka. Saat bersantap, kami didampingi Executive Sous Chef Yovi Nofrizal, Mas Vicky selaku Marcom Manager, dan Mas Angga sebagai Graphic Designer.

Setiap hidangan ternyata punya sensasi dan keistimewaan masing-masing, terutama soal resep dan cara pengolahannya. Untuk detail kulinernya, Yuks kita simak satu per satu.

Rocksalt Black Burger

Rocksalt Black Burger yang menggoda lidah. Photo by menixnews.

Sengaja menu Rocksalt Black Burger ini saya tempatkan di urutan pertama. Sebab, burger ini menjadi salah satu kuliner favorit di sini. Bahkan, saat saya tanyakan ke Chef Yovi, apa sajian favorit dia? Ternyata jawabannya pun burger hitam ini.

Lalu apa keistimewaannya? Pertama adalah roti warna hitam yang dibuat sendiri. Warna hitamnya berasal dari arang sebagai pewarna alami untuk makanan. Selain itu, dagingnya yang diolah dari daging impor asal AS.

Menuruf Chef Yovi, daging berkualitas diblender dengan campuran sayur (wartel) dan bawang putih, kemudian dibentuk bulan layaknya daging burger. Keistimewaan lainnya, burger ini sengaja tidak disajikan dengan saus sambal, tomat, maupun mayonnaise karena bagian dalam roti dan dagingnya telah diolesi dengan saus buatan dapur Harris sendiri.

Saus tersebut dibuat dari campuran tomat, acar timun, bawang putih, bawang merah, dan daun ketumbar. Daun ketumbar ini menambah sensasi rasa burger menjadi tidak biasa, lebih enak ketimbang yang lain.

Porsi satu paket Rocksalt Black Burger. Photo by menixnews.

Apalagi, porsi black burger ini cukup tinggi, sekitar 20 cm. Di dalamnya, selain ada daging berukuran besar, juga diberikan telur ceplok, cheese creamy, dan potongan sayuran.

Karena ukurannya cukup tinggi, burger ini tidak bisa dinikmati layaknya burger standard yang bisa digigit dari atas sampai bawah sekaligus, melainkan harus diiris dengan pisau.

Paket black burger ini juga dilengkapi dengan kentang goreng porsi besar serta saus tomat dan saus sambal. Untuk satu porsi, burger yang berasal dari outlet Rocksalt Beach Club ini dibandrol Rp199.000 nett.

Fish and Wich

Paket Fish and Wich dilengkapi dengan kentang goreng, saus, sambal, dan mayonnaise serta potongan lemon panggang. Photo by menixnews.

Masih bernuansa kuliner western, menu kedua adalah Fish and Wich dari outlet Juice Bar. Porsi paket ini juga sangat mengenyangkan. Bagi saya, satu porsi bisa dinikmati dua orang.

Keistimewaan menu ini, kata Chef Yovi, terletak pada ikan fillet dan pesto oil-nya. Ikan fillet diambil dari ikan kakap segar, kemudian dikeringkan dengan dicampur perasan lemon, black pepper, serta garam. Ikan didiamkan selama semalam agar bumbu meresap ke daging ikan. Lalu, ikan digoreng dengan tepung agar crispy.

Untuk rotinya, sebelum disajikan diolesi terlebih dahulu dengan pesto oil. Pesto oil ini bewarna hijau yang dibuat dari campuran minyak zaitun, bawang putih, parsley, dan daun basil.

Fish and Witch. Photo by menixnews.

Selain berisi ikan fillet goreng, dalam lapisan fish and wich ini juga diberikan potongan kentang goreng crispy dan potongan wartel yang dicampur mayonnaise.

Sebelum menyantap sajian ini, sangat perlu menyiramkan perasan lemon panggang ke atas ikan agar sensasi asam terasa dan lebih menyegarkan di lidah.

Teh Santi dari Batam FM sedang menikmati paket fist and wich. Photo by menixnews.

Untuk harga, paket menu kedua ini dibandrol Rp98.000 nett per porsi.

Ramen Beef Noodle

Setelah menu ala western, kini beralih ke menu ala Jepang yakni Ramen Beef Noodle alias ramen daging sapi. Menu ketiga ini tersedia di outlet Juice Bar, sama dengan Fish and Witch.

Ramen Beef Noodle paling enak dicampur togarasi dan menumannya adalah Mini Mouse. Photo by menixnews.

Saat kali pertama mencicipi ramen beef noodle ini, rasanya memang hambar alias original banget dari bahan campurannya. Tapi setelah ditaburi togarasi dan diaduk rata, barulah rasa ramen nyusss di lidah.

Ternyata togarasi ini adalah rahasia beef ramen di Harris Resort Barelang. Togarasa ini merupakan campuran chili powder, black sesame (wijen hitam), dan rumput laut.

Keistimewaan lainnya, kata Chef Yovi, ramen atau mi yang disajikan merupakan buatan dapur Harris Resort Barelang sendiri. Saat disajikan, di atas ramen diberikan potongan daging sapi, telur, dan sayur baby kailan.

Bersama Teh Santi menikmati Ramen Beef Noodle dan Fish and Witch. Photo by menixnews.

Sajian ramen ini paling enak ditemani dengan nimuman Mini Mouse yakni
campuran buah starwberry, leci, lemon. Rasanya asam-asam segar.

Satu porsi ramen dibandrol Rp150 ribu nett dan mini mouse Rp85.000 nett/gelas.

Nugget dan Jasuke untuk Anak-anak

Kids Nugget dan Jasuke. Photo by menixnews.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan kuliner tamu dewasa, resort ini juga menyiapkan menu cemilan khusus untuk anak-anak. Dua di antaranya adalah Kids Nugget da Jasuke alias jagung, susu, dan keju.

Nugget yang disajikan bukanlah nugget instan atau kemasan, melainkan nugget buatan sendiri dapur Harris Resort Barelang. Karena buatan sendiri, rasanya lebih gurih dan teksturnya sedikit berbeda dari nugget instan.

Sementara untuk Jasuke, rasanya begitu lemak karena campuran keju dan susu yang berlimpah. Bagi anak-anak Jasuke sangat bagus untuk pertumbuhan. Tapi bagi orang dewasa, menurut saya, perlu memikirkannya lagi. (hehehe)

Makanan anak-anak ini bisa dipesan di outlet 20 Feet Snack & Bar dengan harga Rp49.000 (nugget) dan Rp45.000 (Jasuke).

Pisang Goreng Saus Coklat

Terbayang kan asyiknya duduk santai di pantai seraya menikmati sunset dan ditemani cemilan pisang goreng bersaus coklat. Sajian ini bisa dinikmati saat berada di outlet Ti Punch Bar yang berada di pinggir pantai.

Pisang gorengnya begitu crispy dengan taburan keju di atasnya, ditambah saus coklat yang diletakkan di dalam wadah kecil. Satu porsi menu ini dibandrol Rp65.000 nett.

Minuman Hangat

Sebagai peneman dan pelengkap waktu santai di Harris Resort Barelang, para tamu bisa memesan aneka minuman hangat, di antaranya Flavor Cofee Latte dengan harga Rp, 50.000nett/gelas.

Flavor Cofee Latte. Photo by menixnews.


Photo by menixnews.

Dapatkan Harga Lebih Murah

Para tamu yang ingin mendapatkan harga lebih murah untuk wisata kuliner dan kamar di Harris Resort Barelang, caranya sangat gampang yakni bergabunglah dengan keaanggotaan dari TAUZIA, MTP “My Tauzia Privilege”.

Setiap member berhak mendapatkan diskon 10 persen untuk paket kamar, dan 15 persen untuk makan dan minum di restoran.

Sebagai informasi, Harris Resort Barelang adalah sebuah resort yang menghadap ke laut, terletak hanya 5 menit ketengara Batam Landmark – Jembatan Barelang I dan 30 menit dari Batam Centre International Ferry Terminal serta Bandara Internasional Hang Nadim.

HARRIS Resort Barelang Batam menyediakan 174 kamar dengan 3 kategori kamar: HARRIS Room (Garden View, Pool View & Sea View) dengan ukuran 33m2, HARRIS Suite dengan ukuran 66m2, serta HARRIS Villa dengan ukuran 130m2 dilengkapi kolam renang pribadi.

Salah satu kolam renang Harris Resort Barelang. Photo by menixnews.

Resort ini memiliki fasilitas yang tak tertandingi termasuk HARRIS Café dengan Live Cooking Pizza, Harris Juice Bar, Dino Kids Club & Water Playground, Kolam Renang Anak, Kolam Renang tanpa batas, Spa, Pusat Kebugaran, Bay House, Harris Boutique, Sebuah Pantai dengan Konsep Modern untuk Olahraga Rekreasi Motor & Non-motor, Eksklusif dengan pantai pasir yang putih, Jogging dan Bersepeda, Pusat Bisnis, Pojok Internet, Pusat ATM, Mini Mart dan Ruang Parkir Luas hingga 200 mobil.

Resor juga dilengkapi dengan HARRIS Function Hall, tempat yang sempurna untuk mengadakan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran hingga 150 orang dengan 8 ruang pertemuan.

HARRIS Resort Barelang Jl. Trans Barelang Batam, WhatsApp 07784091111, Email res1-harris-batambarelang@tauzia.com dan situs website www.harrishotels.com (sri murni)

Baca juga ulasan kuliner saya tentang Harris Rice Bowl yang juga enyak!