Home / Inspirations / Serunya Berilusi di Rumah Terbalik The Illusion Batam
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Ruang tamu terbalik. Foto by menixnews.com

Serunya Berilusi di Rumah Terbalik The Illusion Batam

INGIN punya foto-foto kece di rumah terbalik yang penuh ilusi dan seni, gak usah jauh-jauh sampai ke Negeri Seberang, di Batam aja LENGKAP!

MENDENGAR kata rumah terbalik, pikiran saya langsung teringat pada sebuah tulisan seorang teman Blogger Kepri, Kak Rina, yang pernah mengulas tentang tempat wisata itu yang ada di Malaysia. Selain Malaysia, selama ini saya tahu ada destinasi yang sama di Singapura.

Eh ternyata, tempat wisata dengan tema sejenis sudah tersedia di Batam. Bahkan lokasinya hanya “sejengkal’ dari rumah saya. Tempatnya di Ruko Golden City Blok K No 4-5-6, Bengkong Laut dan masih termasuk dalam kawasan wisata Golden Prawn (GP). Kalau dari rumah saya yang juga berlokasi di Bengkong, hanya membutuhkan waktu lima menit naik motor.

Saya sendiri menyadari keberadaan tempat wisata yang bernama The Illusion itu, ketika diajak anggota Blogger Kepri Harahap Soleh untuk berkunjung ke sana pada Minggu (19/3/2017). Ternyata The Illusion ini merupakan trick art and trick eye 3D museum yang lengkap dan merupakan hasil kreatifitas para seniman lokal Batam. Tempat ini sudah soft opening sejak pertengahan 2016 lalu. Ini memang tempat yang cocok untuk seru-seruan bareng keluarga dan teman-teman.

Dengan mengendarai motor, saya angkut duo crucils, Azka dan Kenzie, sekitar jam 13.55 WIB dari rumah. Maklum, kami janjian ketemu di lokasi itu jam 14.00 WIB. Dari rumah, kami hanya bertiga karena my hubby sedang ada kerjaan Minggu siang itu.

Lokasinya Gampang Dicari

Lokasinya tidak sulit untuk ditemukan karena berada di belakang Restoran Golden Prawn. Dari jalan raya samping restoran, belok kiri masuk ke kawasan wisata GP. Kemudian ketemu simpang pertama belok kiri lagi dan langsung lihat ke sebelah kiri terdapat Ruko Golden City dimana terdapat pula factory outlet di sana.

Nah, The Illusion itu tepat di samping factory outlet tersebut. Karena The Illusion ini berada di kawasan wisata GP, selepas dari sini bisa juga mencoba atraksi wisata lain seperti go-kart, water sport, taman miniature Indonesia, dan lainnya. Kalau sudah lapar, pastinya gampang sekali cari makanan di sana karena dekat dengan restoran seafood Golden Prawn dan tempat jajanan lainnya.

Tiket Masuk

Begitu saya parkirkan motor, seorang pria dari The Illusion langsung keluar dan membawa brosur studio tersebut. Dia menawarkan kami untuk masuk ke tempat wisatanya.

Tiket box The Illusion Batam. Foto by menixnews.com

Di bagian depan, terdapat konter penjualan tiket dan papan pengumuman yang memampangkan harga tiket masuk yakni Rp 80 ribu untuk dewasa dan Rp 40 ribu untuk anak-anak dan lansia (senior citizen) berusia minimal 65 tahun. Dengan bayar uang masuk segini, pengunjung tidak dibatasi waktu dalam mengeksplorasi isi studio.

Begitu masuk ke studio, ternyata di sana sudah ada beberapa personel Blogger Kepri yang juga ikut wisata “bedol desa” ini. Ada Mas Danan, Kak Rina, Angga, Alfi, Mas Soleh, dan beberapa lagi yang panjang banget kalau disebutkan satu-satu. Yang datang duluan, langsung beraksi foto-foto.

Rumah Terbalik

Saat hendak mengeksplor The Illusion, saya dan duo crucils ditemani sekaligus diajari seorang staf The Illusion. Dia menjelaskan tentang teknik pengambil foto agar bisa tampil kekinian. Asiknya, duo crucils sangat mudah diarahkan sehingga bisa menghasilkan foto yang ciamik.

Di studio yang memiliki luas keseluruhan sekitar 500 meter persegi ini, tersedia 28 spot pemotretan yang kece-kece. Empat  di antaranya bertema rumah terbaik alias upside down. Pilihannya ada ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi.

Semua property yang ada di sana adalah asli dan bukan wall paper. Saat pengambilan foto, kami diarahkan oleh pengarah gaya The Illusion. Mereka pun dengan senang hati memotokan setiap gaya kami. Pengarah gaya yang siap membantu tidak hanya satu orang loh, tapi ada beberapa, diantaranya Kalisa , Rani, dan Razi.

Agar hasil foto benar-benar terbalik, memang angle-nya harus tepat. Setelah itu, foto di-rotate 90 dan 180 derajat.

Giant & Dwarf Arena

Jenis studio kedua yang tidak kalah seru adalah Giant and Dwarf Arena. Ada beberapa tempat dengan untuk tema ini. Giant and Dwarf merupakan perspective room atau ruangan perspektif yang didesain dengan gambar-gambar menarik seolah kita sedang berada di dunia antah baranta dan beratraksi sesuatu yang magic. Hasil foto ilusinya, si objek foto bisa jadi raksasa maupun jadi kerdil.

Giant & Dwarf Arena ini terdiri dari beberapa ruangan yang tentunya memiliki gambar yang berbeda-beda. Ada yang seolah berada di ring pertarungan bela diri, sinar magic, dan tempat menari ala super star Michele Jackson dengan gaya khasnya walking walking on the moon.

Di antara deretan perspective room ada ruangan kaca yang namanya mirror illusion. Foto-foto di sini dengan berbagai gaya termasuk swag membuat kita seolah-olah jadi super star. SERU KAN!

Seorang pengelola The Illusion, Bang Johan, mengatakan, bahwa perspective room yang ada di sini adalah satu-satunya di Indonesia.

Bahkan dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura, The Illusion Batam paling lengkap dan di dalamnya sudah menggabungkan tiga konsep ilusi, mulai dari rumah terbalik, dwarf arena, dan trick art.

“Kalau di Malaysia dan Singapura, dibuat sendiri-sendiri sehingga untuk masuk pun harus bayar tiket di masing-masing tempat. Tapi di Batam, sekali bayar tiket, dapat semuanya,”begitu kata Bang Johan.

Trick Art

Bagian ketiga studio ini adalah Trick Art yakni studio yang mempunyai puluhan lukisan seni trik atau trick art asli bukan wall paper. Berfoto di sini memang membuat kita seolah-olah berada di tempat yang asing dan penuh ilusi.

Di sana ada tempat seolah-olah kita sedang menyeberang titi kayu using dengan aliran lahar panas di bawahnya. Ada sayap raksasa atau yang disebut wing of war, ada binatang purba Tyrex yang bergigi tajam dan yang bersayap,dan ada banyak lagi.

This slideshow requires JavaScript.

Karya lukis trick art dan semua ilusi yang ada di The Illusion ini, kata Bang Johan, merupakan hasil karya seniman lokal Batam. Saya pun ikut bangga melihat kreativitas anak-anak Batam yang keren-keren!

Tidak rugi rasanya menghabiskan waktu di sini bersama keluarga karena bisa mengeksplorasi tempat penuh seni dan mendapatkan foto-foto penuh ilusi.

KAMI SUDAH KE SINI, KAMU KAPAN?

HAPPY PICNIC KELUARGA INDONESIA!

The Illusion Batam

Ruko Golden City Blok K No. 4-5-6, Bengkong Laut, Batam

Email : theillusionbatam@gmail.com

HP : 08117767668

 

40 comments

  1. Keren ya kepengen kesini

  2. Piknik terus tiap minggu..
    Minggu ini mau piknik lagi..

    Jadwal penuh kak…

    • Hehehehe duh yang jadwalnya padat! MANTAB de…. Piknik itu memang pengobat lelah… (Walaupun setelahnya badan tambah lelah yang penting happy)

  3. Seru ya mba menix..
    Anak2 yg suka di foto pasti senang disini.
    sayangnya anak saya susah banget di foto, makanya kemaren sadar diri dan ga daftar trip ini

  4. wah wah wah kalau lihat photo-photo nya di balik balik senyum-senyum sendiri ya ahahaha. Jadi penasaran duh pengen nyobain tempatnya

    • Hahahaha… serulah….. kalau yang selebgram pastilah sangat hidup di sini…. Berenang-renang bebas di antara ilusi-ilusi yang ada….

  5. Makin nambah list yg harus di kunjungi klo ke Bengkong, skrng bengkong rasanya jauuuhhhh banget 😂

  6. Niat ke sini belum kesampaian.

  7. serunyaa, aku pernah nyoba di kediri dan gak paham gimana cara nikmatinnya.wkwkwkw

  8. Aaa mupeeng….batam punya byk tempat pilihan wisata selain ngemall

  9. Wah keren ya bun. Di bandun blum ada nih 😀

  10. Keren mbak menix, suka poto yang di Magic Light, Dapet. Bener-bener mengeluarkan tenaga dalam.

  11. Ih mbak menik…
    Cakep cakep semua gambarnya….

  12. buat yang narsis tempat ini emang bagus

  13. Pertama kali mengunjunjungi tempat seperti ini di Singapura, di Museum Trick Eye. Lalu di Melaka Malaysia. Dan kayanya harus kunjungan ke Bengkong neh, cocok banget tempatnya buat yang doyan narsis.

    • Wah Chay sudah mengunjungi di dua negeri jiran ya…. Great bangets kalau dibuat perbandingannya….. Kalau sudah ke sini, dan dibikin review perbandingannya, kabar-kabari ya…

  14. maksimal banget pos posenya, hahhaha

  15. Udah lama penasaran ama the Illusion ini, tapi belum sempat-sempat juga mau kesana.. Seru ya..

  16. Keren, 3D nya digabung dengan up and down 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.