• Home »
  • Bisnis »
  • Fitur Split-Bill GOJEK Bikin Arisan Makin Gampang dan Anti-Ngemplang

Fitur Split-Bill GOJEK Bikin Arisan Makin Gampang dan Anti-Ngemplang

HI MOMS… masih hobi ikutan arisan? Masih dunk ya! Arisan itu jika dimanfaatkan secara baik, banyak positifnya. Baik arisan barang maupun uang. Spirit utama dalam arisan adalah saling membantu, konsistensi, disiplin, dan jujur.

Pengalaman saya, arisan uang sangat membantu untuk kebutuhan terencana. Dengan mengikuti arisan, bisa mendapatkan uang dengan jumlah lumayan besar tanpa dikenakan bunga. Prinsip saling membantu sangat terasa dengan arisan ini.

Sayangnya, tidak semua kelompok arisan menyisahkan cerita manis. Selalu saja ada anggota arisan yang bikin kesel karena tidak disiplin membayar. Bahkan lebih parahnya lagi, si doi pergi tanpa jejak. Jika dia belum mendapat arisan sih tidak masalah. Yang jadi “bencana” itu, sudah mendapat uang arisan pertama, langsung kabur. Semoga Moms tidak ada yang mengalami efek negatif arisan ya!

Agar anggota arisan tidak ada yang ngemplang, GOJEK ternyata punya fitur-fitur yang bisa mengantisipasinya dan memudahkan pengguna dalam hal mekanisme pembayaran arisan. Bagaimana caranya? Yuks simak ulasannya!

1. Manfaatkan Chatting Gojek

Mekanisme arisan ini dimulai dari penggunaan fitur chatting di aplikasi GOJEK. Layaknya layanan chatting di aplikasi lain, fitur chatting di GOJEK bisa digunakan oleh sesama pemilik aplikasi GOJEK. Via chatting, kita bisa membentuk kelompok arisan sesama teman.

Untuk menggunakan fitur chatting, caranya sangat mudah. Hanya perlu meng-update aplikasi GOJEK, kemudian akan muncul ikon chat di bagian tengah halaman depan aplikasi GOJEK. Setelahnya, tinggal membuat group chat yang namanya terserah kita. Misalnya: Arisan Syantik Super Women, Arisan Mami RT 05, dan sebagainya.

Sekadar tips aja nih, untuk merekrut anggota arisan disarankan mencari yang benar-benar kenal dan tahu seluk-beluk yang akan diajak. Lebih yahud lagi, jika tahu alamat tempat tinggal setiap anggota arisan.

Bagaimana menemukan anggota yang pas? Buka saja daftar pengguna GOJEK yang ada di phone book kita.

Layanan chatting pada aplikasi GOJEK.

2. Bayar Pakai GO-PAY

Setelah group arisan terbentuk, kini saatnya mendiskusikan berapa besar arisan yang harus dibayarkan masing-masing anggota. Jika sudah, nah jangan lupa menentukan kapan batas akhir pembayaran arisan.

Agar semua anggota disiplin membayar, peran admin sangat penting untuk mengingatkan sesering mungkin, apalagi mendekati tenggat waktu pembayaran arisan.

Dengan fasilitas yang disediakan GOJEK, bayarnya gak usah ke bank, ke ATM, apalagi harus datang ke rumah admin untuk setor uang. Pakai saya GO-PAY. Tapi pastikan dulu bahwa kita memiliki saldo yang cukup di rekening GO-PAY.

By the way, bagi pengguna baru aplikasi GOJEK, diperlukan untuk mengaktifkan layanan GO-PAY dan meng-update-nya. Bagaimana caranya? Sangat gampang, hanya perlu membuka fitur GO-PAY, maka perintah untuk update akan langsung muncul.

Selanjutnya, kita perlu meng-upload foto kartu identitas dengan cara memotren kartu tersebut secara langsung.

Ada tiga kartu identitas yang bisa digunakan dan kita perlu memilih satu di antaranya, pada menu yang tersedia. Ketiga dokumen yang bisa dipilih yakni:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Paspor

Tiga pilihan kartu identitas yang bisa dipilih saat meng-update GOPAY.

Dalam mengambil foto kartu identitas, pastikan dimensi pengambilannya tepat sesuai yang direkomendasikan GOJEK. Caranya dapat dilihat pada foto berikut.

Cara memotret kartu identitas untuk update GO-PAY.

Setelah foto kartu identitas selesai, sekarang saatnya foto diri bersama kartu identitas yang sudah diunggah. Foto diri ini sangat penting untuk membuktikan bahwa kita adalah benar-benar pemilik kartu identitas tersebut.

Cara pengambilan fotonya adalah memotret diri dengan memegang kartu identitas secara langsung menggunakan kamera depan hand phone. Tidak sulit memotretnya karena GOJEK sudah memberikan ilustrasi pemotretan seperti gambar berikut:

Cara memotret diri bersama kartu identitas untuk update GO-PAY.

Setelah foto identitas dan foto diri selesai dan diungah, maka sekarang tinggal menunggu verifikasi dari GOJEK. Dalam waktu 24 jam akan diberikan balasan apakah dokumen yang sudah kita unggah diterima atau tidak. Walaupun dikatakan 24 jam, tapi pengalaman saya hanya beberapa menit setelah diunggah, verifikasi langsung saya terima.

3. Bisa Patungan Makanan atau Split Bill

Biasanya acara arisan tidak hanya berisi aktivitas kumpul-kumpul uang ya, tetapi juga kumpul-kumpul anggota arisan sebagai ajang silaturahmi dan kangen-kangenan.

Biasanya juga ajang kumpul-kumpul arisan berlangsung sebulan sekali. Saat kumpul, rasanya memang akan hambar kalau tidak ada makan-makannya.

Agar ngumpul makin ramai, seru, dan tidak repot, pesan saja makanan via GO-FOOD! Lalu, siapa yang bayar? Supaya adil dan tidak membebani satu-dua orang, patungan saja ya!

Nah, untuk patungan bayar makanan ini, bisa dilakukan langsung dengan memanfaatkan fitur yang ada di GOJEK. Seperti halnya ketika membentuk kelompok arisan. Diskusikan dulu ingin makan apa, kemudian pilih makanannya, dan tagihannya akan langsung terlihat.

Setelah tagihan muncul, tinggal bagi tagihannya ke berapa orang yang akan ikut membayar. Diskusikan semuanya via group chatting. Apalagi di fitur chatting kini tersedia fitur patungan atau split-bill.

Dengan fitur baru ini, kita disediakan kalkulator untuk mempermudah hitung besaran patungan. Jadi kita bisa terhindar dari kesalahan hitung.

Cara pembagian patungan di GOJEK.

Bayarnya bagaimana? Tetap saja menggunakan GO-PAY yang mudah dan praktis. Gemana, adil dan sama-sama enak kan?

Perlu diketahui, fitur split-bill ini merupakan inovasi fitur baru dan perdana pada layanan chatting GOJEK. Nantinya masih akan banyak lagi fitur-fitur tambahan yang pastinya memudahkan para pengguna GOJEK.

Secara umum, split-bill ini terbagi dua. Pertama, bisa membagikan total biaya patungan secara bagi rata. Kedua, membagi besaran patungan yang berbeda-beda berdasarkan harga makanan yang dipesan setiap anggota.

Semoga dengan fitur baru dari GOJEK ini memudahkan aktivitas arisan kita ya! Dan SELAMAT BERARISAN! (sri murni)