Home / Bisnis / SPOTS, Mesin Kasir dari GoJek Bikin Transaksi Bisnis Makin Gampang
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia

SPOTS, Mesin Kasir dari GoJek Bikin Transaksi Bisnis Makin Gampang

SORE-SORE bangun tidur siang, saya dan crucils di rumah sama-sama merasa lapar. “Mama laparlah, enaknya makan apa ya sore gini?” kata saya ke duo crucils yang bersantai di sofa selepas keluar dari kamar tidur masing-masing.

“Iya Ma, Azka juga lapar,”kata my oldest lady.

“Ziezie juga Ma,”kata my youngest lady gak mau kalah.

Rasa lapar memang kerap mendera ketika bangun tidur di sore hari. Dan, ngemil sore sudah menjadi kebiasaan kami bertiga di rumah. Apalagi dua bulan terakhir ini, setelah saya memiliki baby boy yang sedang banyak-banyaknya menyusu, rasa lapar pun lebih sering mendera dari biasanya.

Setelah berdiskusi dan masing-masing kami mengeluarkan keinginan cemilan yang hendak disantap, my oldest lady tiba-tibe menceletuk,”Mama, makan pizza aja yuk. Udah lama gak makan pizza.”

“Mau,”kata Ziezie menyambar langsung ide si kakak.

“Iya juga sih, sudah lama ya gak makan pizza,”jawab saya mendukung keinginan Kakak Azka.

Kebetulan, saat ini di daerah tempat saya tinggal, Bengkong, Batam, Pizza Hut sudah membuka cabang baru. Dari rumah tidak begitu jauh, hanya sekitar satu kilometer.

“Kalau gitu Mama mandi dan langsung beli pizza ya, sambil beli sabun baby boy di supermarket.  Kalau Mama sudah siap mandi, Azka dan Kenzie mandi juga bergantian biar ada yang jaga adik. Kan sekarang dia tidur nyenyak, biasanya lama bangunnya. Mama gak lama kok,”kata saya memberi breafing kepada duo crucils.

Sesampainya di resto Pizza Hut, suasana tampak lengang. Bahkan tidak terlihat pelanggan yang duduk dan bersantap di kursi-kursi yang telah disediakan. Namun, saya melihat para pramusaji sibuk di areal dapur mengolah pizza.

Ada yang sedang “bermain” dengan tepung serta aneka topping pizza. Ada pula yang sibuk memasukkan dan mengeluarkan pizza dari oven yang berukuran cukup besar. Sementara di areal meja kasir yang berada di bagian  depan dapur, seorang pramusaji sibuk memencet-mencet mesin EDC (Electronic Data Capture) di depan seorang driver GoJek yang sedang melakukan transaksi.

Ternyata kesibukan para pramusaji di dapur dan di areal kasir berasal dari pesanan online para pelanggan melalui aplikasi GoFood dan aplikasi lainnya. Jadi, meskipun di dalam restoran tidak tampak pelanggan yang duduk, tetapi pesanan online terus mengalir.

“Sibuk juga ya Mas walau restonya sepi begini,”kata saya begitu sampai di meja kasir untuk memesan.

“Iya Mbak, tetap ramai kok yang pesan online. Itu driver GoJek juga ramai menunggu di luar,”kata petugas kasir sambil mengarahkan pandangannya ke luar resto.

Petugas kasir Pizza Hut sedang menggunakan mesin EDC. Photo by menixnews.com

Saya melihat driver GoJek memang cukup ramai di depan pintu resto. Mereka memilih menunggu di luar resto karena bisa berbincang santai seraya mengisap rokok.

Setelah pesanan saya dicatat, saya duduk santai di salah satu kursi yang ada di dalam resto seraya menunggu pesanan dan memperhatikan transaksi para driver GoJek. Ternyata mereka melakukan transaksi non-tunai dengan menggunakan mesin EDC khusus.

Karena penasaran, setelah kasir tampak sepi dan petugasnya terlihat tidak begitu sibuk, saya bertanya mengapa para driver GoJek bertransaksi dengan mesin EDC khusus, tidak bercampur dengan EDC yang lain?

Sang kasir menjelaskan, bahwa restonya adalah mitra usaha GoJek. Jadi, ketika transaksi pemesanan via GoFood, para driver GoJek bisa melakukan pembayarannya menggunakan mesin EDC online dari Gobiz yang dikeluarkan khusus oleh GoJek.

Apa itu EDC?

Mesin EDC (Electronic Data Capture) ini merupakan mesin kasir online yang multifungsi dengan menggabungkan POS System, EDC, dan printer menjadi satu. Ini juga bagian dari aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan.

Point of sale adalah sebuah sistem teknologi yang digunakan untuk memudahkan proses transaksi penjualan retail termasuk bisnis kuliner. Teknologi point of sale ini dijewantahkan dengan kehadiran alat transaksi kasir. Salah satu wujud dari teknologi point of sale tersebut adalah mesin EDC. Penggunaan teknologi point of sale dalam mesin EDC sangat memudahkan pelaku usaha dalam bertransaksi dengan pelanggan mulai dari pemesanan, pembayaran, sampai laporan keuangannya.

Untuk skala restoran, dinamakan pos system restoran. Baik point of sale cafe maupun pos system restoran sama-sama untuk memudahkan transaksi, hanya saja namanya berbeda karena skala penggunanya juga berbeda.

So, yang punya bisnis kafe dan restoran tetapi masih melakukan metode transaksi secara manual atau jadul, baiknya beralih ke teknologi pos system restoran dan point of sale cafe.

Mesin EDC. Photo by menixnews.com

Produk SPOTS ini dikeluarkan oleh GoJek yang ditujukan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pemilik franchise agar transaksi bisnis mereka bisa berjalan dengan lebih mudah.

Mesin ini tidak sekedar untuk media pembayaran non-tunai tetapi sudah berfungsi sebagai mesin kasir lengkap dengan mesin printernya. Cakupan fungsi kerja mesin ini mulai dari pemesanan, pembayaran, sampai pada pencatatan laporan akumulasi transaksi harian.

Tampilan layar utama EDC. Photo by menixnews.com

Jadi, pemilik usaha, tidak perlu melakukan pencatatan manual melainkan bisa langsung mendapatkan laporan transaksi harian dari mesin ini. Laporan bisa dikirimkan via email pengguna. Pemilik usaha juga tidak perlu membeli mesin printer terpisah karena EDC ini sekaligus berfungsi sebagai mesin pencetak transaksi.

EDC dilengkapi dengan printer.

Bahkan, seri terbaru EDC sudah bisa menerima pembayaran kartu debit, GoPay pastinya, serta semua pembayaran digital dengan kode QR berbasis QRIS. Dan, tidak lama lagi mesin ini juga bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Terintegrasi dengan GoBiz

Makin ke sini, mesin kasir Gojek makin multifungsi. Apalagi kini sudah terintegrasi dengan aplikasi GoBiz sehingga cloud based pos system sudah bisa dilakukan langsung pemilik usaha tanpa ribet seperti mengatur  menu, terima pesanan GoFood, mencatat ragam tipe pembayaran, membuat promo diskon dan dapatkan laporan harian dengan aplikasi GoBiz.

Cloud based pos system ini adalah penyimpanan data berbasis internet. Cloud based pos system merupakan pengembangan teknologi lanjutan dari internet dimana pengguna tidak lagi menyimpan data secara tradisional pada kompter maupun laptop ataupun perangkat gadget mereka.

Dengan cloud based pos systempengguna terhubung dengan sebuah sistem online penyimpanan data. Data-data penjualan disimpan secara daring sehingga memudahkan penggunanya untuk menarik data kapan pun dan dimana pun jika dibutuhkan. Cloud based pos system membuat Anda tidak perlu membawa hard disk external ataupun flash disk kemana-mana. Cukup membuka aplikasi untuk melihatnya.

EDC terintegrasi dengan aplikasi GoBiz.

Restoran seperti Pizza Hut ini pun, data digitalnya sudah terintegrasi dalam Pos system restoran sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan transaksi pelanggan lebih mudah dilakukan. Pos system restoran dibuat khusus untuk usaha kuliner berskala resto.

Sementara untuk skala kafe disiapkan pos system coffee shop.  Sama dengan Pos system restoran, Pos system coffee shop juga memberikan kemudahan sistem transaksi di coffee shop alias kedai kopi modern.

Hanya Rp4.900 per Hari

Menggunakan EDC ternyata tidaklah mahal. Biayanya hanya Rp4.900 per hari. Untuk mendapatkan mesin ini, diperlukan biaya pendaftaran yang besarnya Rp490.000.

Saat mendaftar, Anda langsung mendapatkan mesin EDC lengkap dengan dua gulung kertas printer. Jika kertas habis, Anda bisa memesan via online ataupun membelinya langsung di toko perlengkapan kantor atau tempat foto kopi.

Dengan menggunakan mesin ini, tentu saja Anda secara langsung sudah terdaftar sebagai mitra usaha GoJek dan langsung terintegrasi dengan aplikasi GoBiz.

Untuk pencairan dana transaksi pelanggan yang menggunakan kartu debit, tidaklah lama. Jika rekening yang digunakan adalah BCA, maka pencairan adalah satu hari kerja. Sementara rekening non-BCA, memerlukan waktu maksimal tiga hari kerja.

Saat ini EDC sudah digunakan lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia. Di Batam, tentu saja sudah banyak digunakan karena mitra usaha GoJek juga semakin ramai di kota ini.

Dengan EDC ini berbisnis makin mudah ya dan pencatatan transaksi pun makin gampang. Semoga informasi ini bermanfaat dan BISNIS ANDA MAKIN JAYA! (sri murni)

 

 

6 comments

  1. Kalau kita beli makanan di gerai, dengan adanya SPOTS jadi gak perlu nunggu lama dalam bertransaksi ya. Keburu lapar kalau lama-lama. hehe

  2. Ooo baru paham.bisnis modern jadi gampanf ya

  3. aldhi fajar maudhi

    Cocok ini buat pra UKKM yang baru berbisnis, mesin EDC nya memudahkan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.