Home / Bisnis / Tempat dan Biaya Rapid Test di Batam
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Ilustrasi rapid test untuk Covid-19. Photo by halodoc.

Tempat dan Biaya Rapid Test di Batam

Ilustrasi rapid test untuk Covid-19. Photo by halodoc.

“POKOKNYA MAU TERBANG SIAPIN UANG LEBIH selain tiket mahal akan ada biaya ini itu,”demikian kata-kata ditulis seorang netizen di wall facebooknya beberapa waktu lalu.

Ia menuliskan itu karena pengalamannya terbang di masa pandemi Covid-19 ini memang tidak murah dan mudah. Syarat utama yang harus dimiliki adalah surat keterangan negatif covid. Selain itu, juga harus mengantongi surat keterangan dari lurah dan surat PHK dari perusahaan bagi yang sudah tidak bekerja lagi dan ingin pulang kampung.

Jika tujuan kepergian karena urusan keluarga seperti adanya anggota keluarga yang meninggal, harus juga melampirkan bukti surat kematian.

Saat hendak check-in pun harus datang lebih awal sekitar 3-4 jam sebelum keberangkatan karena lamanya antrean di Bandara untuk pengecekan dokumen setiap penumpang.

Segala dokumen yang diperlukan ini, sangat terkait satu dengan lainnya. Dan, jangan coba-coba tidak melengkapi dokumen yang dibutuhkan dengan datang langsung ke Bandara. Hal itu akan sia-sia karena akan ditolak maskapai.

Perlu diingat, untuk test covid ada dua cara yakni melalui rapid test dengan pengambilan sampel darah dan melalui dan PCR (Polymerase Chain Reactionswab test dengan pengambilan dahak, lendir, atau cairan dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan), atau paru-paru.

Masa berlaku hasil dari dua jenis tes ini juga berbeda-beda. Rapid test, rata-rata berlaku hanya tiga hari. Sedangkan PCR Swab test bisa sepekan.

Mengingat singkatnya masa berlaku test covid, ada baiknya bagi yang ingin terbang, melakukan tes sehari sebelum hari keberangkatan, dengan harapan tidak ada pembatalan atau penundaan penerbangan lebih dari dua hari.

Jika, lebih dari dua hari, ya mau tidak mau calon penumpang harus melakukan rapid test lagi dengan hasil negatif covid agar bisa terbang. Jika hasil rapid test reaktif, ini berarti calon penumpang sama sekali tidak bisa terbang.

Nah, biaya rapid test ini tidak murah loh! Apalagi PCR swab test, jauh lebih mahal. Mengutip dari Tribun Batam, rata-rata biaya rapid test di Batam itu kisaran Rp400 ribu. Sedangkan PCR swab test, kurang lebih Rp2,5 juta.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmajardi. Menurutnya, untuk harga minimal rapid test sendiri sekitar Rp 400 ribu, sedangkan PCR swab test sekitar Rp2,5 juta.

“Modalnya saja sudah Rp 300 ribu. Belum baju hazmat, spuit (alat suntik), dan sarung tangan,”demikian dikutip dari Tribun Batam, Rabu (10/6/2020).

Lalu, dimana bisa melakukan rapid test di Kota Batam? Jawabnya banyak tempat rapid test terdekat yang menyediakan. Rata-rata hasil rapid test bisa diketahui antara 15-30 menit setelah pengambilan sampel darah.

Saya paparkan beberapa tempat rapid test di Batam ya:

  1. Drive Thru Rapid Test di Klinik Baloi RSBP Batam yang berada tepat disamping Polsek Lubukbaja. Biayanya sekitar Rp380 ribu.
  2. Bandara Hang Nadim bekerjasama dengan Medi Lab dengan biaya sekitar Rp400 ribu.
  3. Klinik dan Laboratorium Medilab Batam yang berlokasi di Ruko Taman Niaga Suka Jadi Blok J No.3A – 6. Jalan Ahmad Yani Batam 29433, Telepon: (0778) 7372022; 7372023; 08117701188; 08117701199.
  4. Klinik dan Laboratorium Kimia Farma yang banyak tersebar di Kota Batam, di antaranya di Kampung Utama, Nagoya dan Batam Centre.
  5. RS Bhayangkara Batam beralamat di Jl. Dang Merdu KM 2 Batu Besar Nongsa Kota Batam. Kode Pos, : Telepon, : (0778) 776004. RS ini menyediakan rapid test  gratis, cara melakukan pendaftaran melalui Whatsapp ke nomor 081276764878 atau ke nomor 081270004794.
  6. RS Buki Kemuliaan (RSBK) Batam di Jl. Budi Kemuliaan, Kp. Seraya, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam. RS ini sering mengadakan rapid test gratis bekerjasama dengan beberapa pihak seperti partai-partai politik. Warga yang ingin ikut rapid test gratis, harus rajin-rajin cari info ya.
  7. Di setiap Puskesmas yang ada di Kota Batam. Rapid test bisa didapatkan secara gratis untuk warga yang memiliki gejalah batuk, pilik, dan demam. Syaratnya, membawa kartu identitas diri.

Selain tujuh tempat di atas, warga juga bisa memanfaatkan fitur Buat Janji Tes Covid-19 via aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini. Nah, gampang kan, setelah bikin janji dan dapat jadwal pastinya, Anda tinggal datang dan tidak perlu antre lama.

Nah my blog reader, demikian info tempat dan biaya rapid test yang ada di Kota Batam. Semoga bisa membantu Anda semua. SALAM SEHAT! (sri murni)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.