Home / Inspirations / Tips Hidup Murah di Luar Negeri: Belanjalah di Hari Jumat & Sabtu
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Salah satu sudut pasar di Oslo. Foto by menixnews.com

Tips Hidup Murah di Luar Negeri: Belanjalah di Hari Jumat & Sabtu

HIDUP di luar negeri, gak semuanya serba mahal loh! Jika kita tahu tips dan triknya, hidup bisa jadi sangat murah.

Nah, kali ini saya ingin sharing pengalaman hidup murah di luar negeri, khususnya untuk belanja kebutuhan pangan.

Ada dua kota yang saya paparkan di sini yakni, Canberra, Australia dan Oslo, Norwegia.

1. Belanja Hemat Hari Jumat di Australia

Barang-barang kebutuhan pangan yang dijual di Aldi, Canberra

Rata-rata di Australia hari kerja itu adalah dari Senin sampai Jumat.

Kalau sudah hari Jumat, ada istilah Friday Night yakni Jumat malam yang menjadi malam banyak orang bersenang-senang, semisal hang out, kongkow di cafe dan ‘mabuk-mabukan’ sampai pagi karena esoknya libur kerja.

Friday juga menjadi hari surga belanja. Di hari ini, biasanya pusat perbelanjaan sangat ramai karena dipenuhi warga yang belanja segala kebutuhan.

Banyaknya warga yang belanja di hari Jumat karena kebanyakan shopping centre, khususnya yang menjual kebutuhan pangan, akan tutup di akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Para pekerja shopping centre juga ingin menikmati libur akhir pekan. Lagipula, jika mempekerjakan orang di akhir pekan, harus bayar dua kali lipat dari hari biasa.

How Are You Going ala Australia yang Bikin Bingung!

Belanja di hari Jumat banyak sekali keuntungannya terutama banyak diskon.

Karena rata-rata supermarket tutup di Sabtu dan Minggu, makanya di hari Jumat toko-toko buah, sayuran, susu, roti, dll banyak memberikan diskon sebagai upaya menghabiskan stok yang ada.

Diskon yang diberikan bisa sampai 80 persen. Anggur merah, misalnya, yang biasanya dijual 6 dolar per kg, kalau sudah hari Jumat jadi 2 dolar.

Begitu juga dengan roti, susu segar, bahkan telur ayam. Untuk tiga jenis pangan ini tentu saja terkait masa berlaku. Rata-rata expired-nya satu pekan.

Di hari Sabtu dan Minggu, tidak semua toko tutup karena ada beberapa yang tetap buka, terutama toko yang dikelola atau dimiliki oleh orang Asia.

2. Sabtu Murah di Oslo

Salah satu sudut pasar di Oslo. Foto by menixnews.com

Lain Canberra, lain pula Oslo. Di Oslo, hari belanja murah adalah hari Sabtu.

Hari ini menjadi hari yang sangat ramai di pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Oslo terutama di toko-toko yang menjual kebutuhan harian.

Hari Sabtu merupakan hari terakhir bagi masyarakat Oslo untuk berbelanja kebutuhan harian karena hampir semua toko akan tutup di hari Minggu.

Hari Sabtu juga menjadi hari diskon. Toko-toko sayuran dan buah-buahan menawarkan barang dengan harga sangat murah, bahkan bisa lebih dari 50 persen lebih murah ketimbang hari-hari sebelumnya.

Pengalaman Seru Berburu Barang Seken di Pasar Loak “Loppemarkeder” Oslo

“Hari Sabtu ditargetkan semua dagangan khususnya buah dan sayur serta ayam, ikan, dan daging bisa habis terjual karena kalau tidak makan akan busuk. Hari minggu kami tutup dan baru akan buka lagi hari Senin dengan barang-barang yang serba baru,”kata Like, seorang pemilik supermarket yang berlokasi di Gronland, salah satu pasar di Oslo.

Warga kelas menengah bawah dan yang berstatus mahasiswa, biasanya memanfaatkan hari Sabtu untuk belanja kebutuhan harian untuk satu pekan.

Semua yang dibeli bisa disimpan di dalam kulkas agar tetap segar.

(sri murni)

27 comments

  1. wow, belom pernah ke dua2nya oslo dan canbera hihihi, noted lah ini mana tau nanti suatu saat bisa main ke kota ini kan udah ada persiapan ini maklum, pejalan hemat juga nih wkwkw

  2. Oh gitu ya, karena minggu toko pada tutup ya, Pernah dengar karena nggak mampu bayar karyawan kalo lembur katanya. Begitulah di negara maju. Di negara kita malah minggu itu yang rame orang belanja

  3. belum pernah kesana tetapi pengen deh suatu saat kesana dan tips hematnya bisa diterapkan hihihi.. thank you jeng

  4. Wah… info penting nih kalo mau irit.. pengen ke oslo… 🙂

  5. Wah beda banget ya ama di Batam.. Di sini mah kalo hari libur karyawannya pada OT, cari lemburan, hehehe

    Tapi yang namanya pusat perbelanjaan justru rame kalo Sabtu Minggu ya…

  6. Mereka memanfaatkan akhir pekan dengan sangat baik ya. Membayar pakerja di akhir pekan bayarannya 2x lipat, salut.

  7. Saya pernah dengar tinggal di Australia mahal banget, ternyata ada juga ya yang murah. Perlu nih banyak tips seperti ini

  8. Yeay orang Asia semangatnya patut di tiru tu mmabk Menix. Mau weekend pun tetap semangat cari rezeki. Eh tp liburan itu jg perlu yaa

  9. Semoga bisa ke Aussy dan Norway, mau praktikkan tips belanja di dua negara itu. Tapi keren ya, pekerja toko bisa libur juga dua hari di Aussie!

    • Iya Bang Uma… pekerja apapun punya libur Sabtu dan Minggu. Saya pernah kerja part time di restoran, paling suka disuruh kerja Sabtu dan Minggu karena gajinya double. Biasanya orang lokal sana paling malas kerja weekend karena mengutamakan waktu liburan…

  10. dimana mana pasti orang yg mencari barang yg murah ya
    asal tetap ada kwalitas
    penasaran nih dengan pasar di australia dan norwegia

    • Yups… Soalnya kalau gaya belanjanya ngikuti orang berduit, hehehe ntar uang bulanan gak ada sisa sama sekali dan gak bisa deh jalan2. Tapi walaupun sudah didiskon, kualitas barangnya sangat OK dibandingkan dengan pasar kita di sini…

  11. Bused, murah banget jadinya ya mba kalo sampe diskon 80%. Pesta banget buat para konsumen.

  12. kece nih tipsnya yang mau jalan jalan ke ausy atau norwegia

  13. Wah semoga bisa sampai ke sana. Terima kasih mbak menix atas info belanja murahnya.

  14. Buat buibu, info ini berharga banget yaa… sebisa mungkin harus berhemat dan menekan pengeluaran… eh, tapi kapan yaaa bisa ke aussie dan norway…

  15. perlu dicatat ini, tips yang bermanfaat banget, mana tau suatu saat bisa lompat ke sono…hihhi

  16. Hampir sama seperti di Indonesia ya hari jumat dan sabtu juga banyak diskon :))

  17. ahh salut banget yaa mbak buat pekerja di akhir pekan dengan salarynya. Yahh, seandainya di sini juga begitu. *ngarep. hihihi

  18. Browsing katalog dari Coles & woolies dulu ane mah kalo mo murah + kepasar tradisional 15 menit sebelum tutup wkwkwkwk

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.