Home / Inspirations / Tips Kredit Mobil Bekas di Dealer atau Leasing
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Ilustrasi

Tips Kredit Mobil Bekas di Dealer atau Leasing

 

Ilustrasi

MOBIL, sepertinya sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Untuk membeli mobil, baik bekas maupun baru, ada dua cara yang bisa ditempuh, cash (tunai) dan kredit.

Nah, membeli mobil secara kredit pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa layanan, langsung ke dealer, leasing, maupun via perbankan. Tulisan ini akan memberikan tips penting sebelum memutuskan kredit mobil via leasing ataupun dealer.

Pada praktiknya memang  terdapat beberapa perbedaaan yang cukup jelas antara sistem dan layanan yang diberikan oleh leasing dan dealer. Sebelum memutuskan mau pakai yang mana, kamu harus sesuaikan dengan kebutuhanmu secara pribadi.

Ada beberapa hal  yang patut  dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk melanjutkan transaksi jual beli mobil dengan sistem kredit di leasing ataupun di dealer.

Perbanyak Referensi

Ketika membeli atau kredit mobil bekas tentunya akan sangat penting bagi kamu untuk membuat beberapa perbandingan antara mobil yang satu dengan mobil lainnya. Selain itu, kamu juga diharuskan mengerti kondisi dan kualitas mobil saat kamu melihatnya. Cermati setiap bagian mobil. Bila kamu merasa tidak cukup kompeten untuk melakukan pemeriksaan,sebaiknya libatkan seseorang yang sudah ahli dan dapat kamu percaya untuk melakukannya. Jangan memaksakan untuk mencari tahu informasi hanya mengandalkan internet.

Hitung dengan Baik

Ketika kamu memutuskan untuk kredit mobil maka bukan hanya uang muka dan uang cicilan saja yang harus kamu pikirkan dengan matang. Ada beberapa komponen lainnya yang harus kamu persiapkan dananya seperti biaya jaminan fidusia, asuransi kendaraan, biaya provisi hingga biaya pemeliharaan secara rutin. Cermati dan hitung serta perkirakan semua biaya dan pengeluaran yang akan kamu keluarkan. Hal ini menjadi sangat penting guna mencegah segala kekacauan yang akan terjadi dalam sistem keuangan kamu nanti.

Suku Bunga

Suku bunga akan cukup mempengaruhi niai beli keseluruhan dan nilai cicilan bulanan yang harus kamu bayarkan. Semakin lama jangka waktu cicilan yang kamu ambil. maka akan semakin besar pula bunga cicilan yang harus kamu bayar.

Cari Bonus

Meskipun pada dasarnya bonus umumnya hanya diberikan pada saat melakukan transaksi jual beli mobil baru, namun dealer mobil bekas pun menawarkan beberapa bonus. Tidak ada salahnya untuk menanyakan hal ini saat melakukan pembelian mobil bekas apalagi bila mereka dengan terang-terangan menyatakan ada promo kredit mobil bekas.

Membeli mobil dalam kondisi yang sudah pakai atau bekas tidak selalu identik dengan kesan rusak dan kerugian. Kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang baik dan kondisi yang sangat prima jika mencarinya dengan jeli dan sabar serta membandingkan setiap mobil sebelum menentukan pilihan. (*)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.