Home / Inspirations / 5 Tips Saat Mengajar Anak Menggambar
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
mengajar anak menggambar
Aktivitas mengajar anak menggambar.

5 Tips Saat Mengajar Anak Menggambar

mengajar anak menggambar
Aktivitas mengajar anak menggambar. Photo from freepik.

MOMS and DADS, bermain dan mengajarkan sesuatu pada anak merupakan momen-momen yang sangat membahagiakan bagi anak dan orangtua.

Aktivitas itu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Ada beragam aktivitas yang bisa diberikan pada si kecil. Salah satunya mengajar anak menggambar yang ternyata memiliki beragam manfaat.

Sebagai alternatif kegiatan tanpa gadget, berikut manfaat menggambar bagi si kecil.

Manfaat Mengajar Anak Menggambar

  1. Melatih Motorik Anak

Aktivitas menggambar membutuhkan koordinasi anggota-anggota tubuh yang baik, seperti mata dan tangan. Menggambar bisa menjadi cara melatih motorik anak yang pastinya bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Cara berpikir anak yang masih kongkret menjadikan aktivitas menggambar adalah langkah awal sebelum mengenalkan kegiatan membaca pada anak. Seperti metode Montessori dimana sebelum anak belajar membaca, ia akan diajak menulis terlebih dahulu.

Belajar menggambar anak dengan alat tulis menjadikan kegiatan tersebut sebagai alternatif agar anak tidak bosan dalam menggoreskan alat tulis.

  1. Mengembangkan Imajinasi Anak

Berimajinasi adalah salah satu hal yang lekat dengan keseharian anak-anak. Meski terlihat sepele, kemampuan berimajinasi anak berguna untuk masa depannya lho.

Ada banyak benda-benda modern yang berawal dari imajinasi. Seperti halnya penemuan pesawat oleh Wright bersaudara. Berdasarkan logika, tidak mungkin bukan sebuah besi yang berat dapat melayang di langit?

  1. Mengenalkan Warna pada Anak

Manfaat mengajar anak menggambar selanjutnya, bisa menjadi sarana mengenalkan warna pada anak. Selain dari lagu, mengajar anak menggambar merupakan salah satu cara anak belajar sambil bermain.

  1. Melatih Kemampuan Komunikasi Anak

Melalui mengajar anak menggambar, orang tua dapat mengajak si kecil bercerita tentang apa yang sedang di gambarnya. Memberi stimulasi melalui cerita, diharapkan si kecil mampu memiliki cara berpikir yang sistematis hingga mengerti hubungan tentang sebab akibat.

  1. Melatih Rasa Sabar Anak Ketika Berproses

Cara menggambar jeruk, pasti dimulai dari lingkaran, memberi daun hingga nantinya sampai pada proses pewarnaan. Belajar menggambar anak yang dilakukan secara step by step diharapkan dapat melatih anak untuk memahami proses.

Mengajar anak menggambar memang kegiatan yang menyenangkan. Hampir semua anak menyukai aktivitas yang memainkan warna, namun sebagai orang tua, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal.

5 Tips Saat Mengajar Anak Menggambar

  1. Memulai dengan bentuk sederhana agar si kecil lebih bersemangat

Anak bisa memulai kegiatan menggambar bentuk sederhana. Misal lingkaran, kotak dan beragam bentuk tunggal lainnya.

Jika kemampuannya semakin baik, seperti koordinasi antar anggota tubuh yang makin stabil serta tangan yang mampu mencengkram alat tulis dengan kuat, orang tua bisa mulai meningkatkan challenge yang diberikan.

Orang tua bisa mencari berbagai teknik cara menggambar sederhana. Tujuannya agar si kecil enjoy dan membuatnya kian bersemangat. Menggambar tidak sulit, terbukti dari beragam bentuk rumit yang bisa dibuat dengan teknik sederhana.

  1. Memastikan si kecil nyaman dalam aktivitas menggambarnya

Menemani si kecil dalam aktivitas menggambar terutama menuntunnya dalam berimajinasi. Jika dirasa sudah mulai nyaman, orang tua bisa meninggalkan anak yang asyik dengan kerangka di kepalanya.

Anak-anak terlebih di usia balita terkadang membutuhkan kehadiran orang tua untuk menemani di dekatnya. Anda cukup membimbing si kecil tanpa harus selalu mendiktenya.

  1. Tidak memasang ekspektasi tinggi

Tidak memasang target tinggi adalah salah satu hal yang dapat menjaga kewarasan saat membersamai anak.

Termasuk saat mengajar anak menggambar. Pendamping harus paham betul bahwa anak sedang belajar sehingga hasilnya pun tidak bisa langsung bagus.

  1. Memilih kalimat yang baik meski hasil karyanya kurang sesuai

Selanjutnya adalah memilih kalimat yang tidak melukai semangat belajar si kecil. Pemilihan kata yang melukai bisa membuat semangat padam.

Selain itu selalu berikan perhatian penuh ketika si kecil tengah menunjukkan hasil karyanya. Memajang hasil karyanya juga dapat dilakukan untuk menyemangati si kecil.

  1. Pilih piranti yang aman

Saat belajar menggambar anak, hal yang tak kalah penting ialah memastikan alat yang dipakai si kecil terbuat dari bahan yang aman. Seperti pewarna, pilih pewarna berkualitas yang tidak berbahaya.

Selain itu terapkan aturan untuk si kecil, misal hanya boleh menggambar di kertas yang disediakan, tidak boleh merusak alat gambar dsb.

Mendukung Aktivitas Menggambar Anak

  1. Mendukung hobi menggambar anak dengan menyediakan fasilitas pendukung

Fasilitas menggambar seperti pensil warna, kertas gambar, meja untuk memudahkan posisi menggambar sebaiknya orang tua sediakan. Semua perlengkapan tersebut tidak harus baru dan mahal kok, yang terpenting bisa digunakan dan aman.

  1. Mengikutsertakannya pada kursus belajar menggambar anak

Jika anak terlihat menaruh minat yang semakin besar pada aktivitas menggambar, orang tua bisa mulai mencarikan tempat kursus menggambar bagi si kecil. Salah satu tempat kursus menggambar bagi balita adalah kiddo.id. Kiddo.id merupakan platform yang mempertemukan orang tua dengan beragam kelas sesuai kebutuhan anak.

Alasan Pilih Kiddo.id untuk Mengajar Menggambar Anak

  • id menyediakan beragam aktivitas pilihan untuk anak dan keluarga. Kiddo.id bekerja sama dengan penyedia aktivitas keluarga sehingga dapat menghadirkan kelas yang relevan.
  • id menghadirkan poin dalam setiap transaksi yang bisa digunakan untuk transaksi selanjutnya.
  • id menyediakan ragam konten yang cocok bagi kids and family, hasil kolaborasi bersama media dan komunitas.
  • Pemesanan dan pembayaran di Kiddo.id pun mudah. Pemesan cukup dilakukan di satu website. Kiddo.id juga menyediakan ragam pembayaran yang pastinya aman dan terpercaya sehingga Anda tak perlu cemas.
  1. Melatih keberanian dan rasa percaya diri anak dengan mengikutsertakannya dalam kontes

Dalam hal ini, orang tua perlu memperhatikan waktu lomba yang tidak bentrok dengan jam belajar si kecil.

Selanjutnya luangkan waktu untuk menemani si kecil lomba sebagai bentuk dukungan moral orang tua. Nah, itulah beberapa manfaat mengajar anak menggambar serta beberapa hal terkait belajar menggambar anak yang perlu diperhatikan. (*)

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/bukan-sekadar-meyalurkan-hobi-inilah-manfaat-menggambar-bagi-anak

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/edukasi/read/2010/04/08/2030186/membimbing.anak.menggambar.ada.tekniknya.lho

Baca juga artikel menarik lainnya:

Cara Cerdas Atasi Kecanduan Gadget pada Anak-Anak

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.