Traveloka Xperience Bikin Liburan ke Singapura Makin Murah

TINGGAL di Batam yang notabene daerah perbatasan Indonesia-Singapura-Malaysia, liburan ke dua negeri jiran itu memang menjadi pilihan yang paling menggiurkan.

Peta Batam-Singapura-Malaysia lengkap.

Alasannya tentu saja jarak yang sangat dekat dan biaya yang jauh lebih murah ketimbang harus keluar kota, misalnya ke Jawa atau Sumatera. Apalagi, dengan harga tiket pesawat domestik yang mahal, liburan di dalam negeri jadi terasa menguras kantong.

Sebagai perbandingan, saya akan memaparkan pengalaman liburan ke Singapura dan Medan, Sumatera Utara.

Biaya Transportasi

Dari Batam ke Singapura, biaya transportasi (feri cepat) hanya menghabiskan uang sekitar Rp260.000 – 300.000 untuk pergi dan pulang. Harga tersebut sudah termasuk pajak pelabuhan domestik dan Singapura. Harga tiket ini sangat tergantung brand kapal dan via pelabuhan mana kita berangkat.

Sebagai informasi, Batam memiliki lima pelabuhan internasional dengan rute Batam-Singapura yakni Batam Centre, Harbor Bay, Sekupang, Marina Waterfront City, dan Nongsapura. Biasanya tiket kapal paling mahal jika berangkat dari pelabuhan Batam Centre menuju Pelabuhan Harbor Front maupun Tanah Merah, Singapura.

Peta Batam-Singapura dan Pelabuhan kedua negara. Dalam peta ini, Pelabuhan Internasional Harbor Bay Batam belum masuk di dalamnya. Photo by batamferrymap.

Sementara untuk brand kapal yang bisa dipilih di antaranya: Sindo, Wave Master, Majestic, Batam Fast, dan Oceana. Masing-masing kapal punya jadwal sendiri. Namun, secara umum kapal mulai berangkat dari Batam sekitar pukul 06.00 WIB dan paling akhir sekitar pukul 21.40 WIB. Sementara dari Singapura paling pagi sekitar pukul 07.30 waktu setempat dan paling akhir sekitar 22.00 waktu setempat. Perbedaan waktu Batam dan Singapura adalah satu jam.

Untuk waktu tempuh, hanya sekitar satu jam. Bahkan, jika berangkat via Pelabuhan Sekupang, waktu tempunya tidak sampai satu jam karena jarak antara Pelabuhan Sekupang dengan Harbor Front, Singapura lebih dekat.

Travelling bersama suami ke Singapura.

Bandingkan dengan berwisata domestik, ke Medan misalnya. Dengan menggunakan pesawat, Batam-Medan ditempuh dalam waktu sekitar 1.15 jam, harga tiket paling murah saat ini sekitar Rp850.000 per orang.  Harga ini berlaku untuk masa sepi atau low season. Jika masa liburan, harga tiketnya rata-rata Rp1,2 juta per orang.

Bisa dibayangkan, jika saya dan keluarga (4 orang) liburan ke Singapura cukup menyediakan biaya transportasi hanya Rp 1,2 juta, ke Medan bisa menghabiskan Rp3,4 juta.

Selain naik moda transportasi udara, dari Batam ke Medan, bisa menggunakan moda transportasi laut yakni Kapal Pelni yang berlayar sepekan sekali dengan waktu tempu kurang lebih 24 jam. Atau, bisa juga menggunakan feri cepat rute Batam-Dumai selama kurang lebih enam jam, kemudian disambung dengan bus Dumai-Medan selama sekitar 12 jam.

Untuk biaya, naik kapal Pelni (Kelud) memang jauh lebih murah yakni Rp220.000 untuk kelas ekonomi dan Rp355.000 sampai Rp683.000 untuk kelas dua dan satu. Sementara dengan feri cepat Batam-Dumai, biayanya Rp400.000, ditambah bus Dumai-Medan Rp250.000.

Baca pengalaman seru kami naik kapal Pelni ke Medan, di sini ya!

Liburan Asyik di Atas Kapal Kelud Batam-Medan

Waktu

Bicara soal waktu, bagi pekerja seperti kami memang masa liburan tidak bisa sesantai yang diharapkan karena masa cuti yang tidak panjang. Bahkan, terkadang masa cuti tahunan itu dikhususkan untuk berlebaran di kampung halaman.

Sehingga, jika ingin liburan selain lebaran terpaksa hanya bisa memakai libur regular akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Sebab itu, liburan ke Singapura menjadi pilihan paling mudah ketimbang ke kota lain di dalam negeri.

Berfoto di depan patung The Merlion, ikon utama wisata Singapura pada 2016 lalu. Photo by menixnews.com

Bagi orang Batam, jalan-jalan ke Singapura bisa ditempuh dalam waktu satu hari atau one day tour. Biasanya, pergi dengan kapal paling pagi dan pulang dengan kapal paling malam. Selama seharian di Singapura, banyak tempat yang bisa dikunjungi terutama yang mainstream-mainstream seperti Sentosa Island, Gardens by the Bay, Snow City, The Merlion, The Jewel Changi Airport, dan pastinya wisata kuliner khas sana. Kalau saya dan keluarga tidak pernah lupa untuk singgah ke Little India guna menyantap Nasi Briyani.

Bermain salju di Snow City Singapura, 2016. Photo by menixnews.com

Bandingkan jika wisata ke Medan. Pengalaman saya, setidaknya membutuhkan waktu paling sedikit 2 hari untuk puas mengelilingi objek wisata Kota Medan. Sementara jika ingin ke objek wisata alam yang terkenal, harus tambah waktu dua hari lagi agar bisa memutari Danau Toba, Gundaling, serta Brastagi.

Lebih Murah dengan Traveloka Xperience

Selain hemat biaya transportasi dan waktu, kini jalan-jalan ke Singapura juga bisa lebih hemat dengan menggunakan promo Traveloka Xperience. Apalagi jika pesan tiket atraksi wisata Negeri Singa itu bertepatan dengan Harbelnas alias Hari Belanja Nasional yang kini sedang berlangsung. Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Traveloka versi minumum 3.10.0 (Android/iOS).

Ada sejumlah promo yang diberikan Traveloka khusus bagi yang ingin berwisata ke Singapura. Berikut beberapa di antaranya:

1. Jelajahi Singapura dan Temukan Beragam Aktivitas Seru!

Untuk menikmati sejumlah objek wisata mainstream, kita bisa mendapatkan diskon sampai dengan Rp1.000.000 jika pesan tiket via Traveloka app selama periode 1 Oktober – 30 November 2019.

Dengan tiket yang kita beli, kita bisa puas jalan-jalan ke Gardens by the Bay, menikmati pameran seni di ArtScience Museum dan National Gallery. Bisa juga ikutan River Safari di Singapore Zoo.

Promo Traveloka Experience untuk menikmati objek wisata Singapura.

Untuk mendapatkan potongan harga tiket atraksi wisata ini, kita harus memesannya via aplikasi Traveloka dan memasukkan kode promo FUNSINGAPORE sebelum melakukan pembayaran.

2. Rasakan Keseruan Seutuhnya di Singapura!

Nah, bagi yang ingin menginap di Singapura dan merasakan kenyamanan Resorts World Sentosa sekaligus objek wisata di Sentosa Island, Traveloka sudah menyiapkan promo khususnya yakni Resort World Sentosa Singapore Exclusive Promotions.

Promo Traveloka Experience untuk menikmati objek wisata Sentosa Island dan Resor di Singapura.

Besaran diskon yang diberikan sama dengan promo di atas yakni maksimal Rp1.000.000. Promo ini juga berlaku untuk kunjungan ke Universal Studios Singapore dan S.E.A. Aquarium. Periode pemesanannya mulai 2 Oktober sampai 31 Desember 2019.

Cara pemesanannya, sama dengan promo di atas, hanya saja kode diskonnya berbeda yakni RWSUSSDEALS.

Nah, tunggu apalagi? Dengan segala kemudahan yang diberikan serta potongan harga yang menggiurkan, yuks ah kita jalan-jalan sejenak menyegarkan pikiran dan raga agar tetap bahagia bersama keluarga tercinta! (sri murni)