Weekend Seru Stay-cation di BWP Hotel Batam

Tampak depan BWP Hotel Batam dengan taman yang tertata rapih dan asri. Photo by menixnews.com

HAL apa yang paling malas Anda lakukan saat menginap di hotel berbitang? Ehmmm kalau saya sih bangun pagi. Selepas sholat Subuh, rasanya ingin tidur sepanjang hari, menikmati kenyamanan kasur empuk dan ruangan yang dingin. Walaupun di rumah juga menggunakan pendingin ruangan, tetapi rasanya memang berbeda saat berpindah kamar ke hotel berbintang karena kenyamanan yang memang tak sama.

Kamar Deluxe Room BWP Hotel Batam dengan pemandangan hijau kawasan Dam Duriangkang. Mager bangets menginap di sini! Photo by menixnews.com

Jika tidak karena teriakan duo crucils dan hubby yang sudah lapar ingin sarapan pagi, rasanya memang malas membangkitkan tubuh dari kasur di kamar Deluxe milik Best Western Premier (BWP) Panbil Hotel Batam ini. Saking malasnya saya bergerak, duo crucils sampai membuka tirai kamar selebar-lebarnya, sehingga sinar matahari yang sudah mulai hangat memancar ke seluruh kamar.

“Ahhhhhhhhhhhhh tunggu dulu ya, Mama kumpulkan ‘nyawa’ sebentar saja,”kata saya sambil perlahan membuka mata namun masih tertutup rapat dalam selimut. Begitu mata terbuka dan selimut tersibak, terpampang pemandangan hijau nan indah yang merupakan kawasan Dam Duriangkan, Sei Beduk.

Saya dan my little family berkesempatan menikmati kenyaman kamar dan beragam fasilitas BWP yang sudah beroperasi sejak 23 Desember 2016, selama dua hari satu malam (Sabtu-Minggu) pada 17-18 Agustus 2019 dan bertepatan pada Hari Kemerdekaan RI ke-74.

Dekorasi Hari Kemerdekaan RI ke-74 di lobi BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com

Karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan, dekorasi lobi hotel bintang empat ini lebih meriah. Di bagian sudut, berdekatan dengan lounge lobi, berdiri dengan apik dekorasi semarak 17 Agustus. Di areal ini, para tamu bisa memanfaatkannya untuk berfoto ria. Kami juga melakukannya seraya menunggu proses check-in selesai dilakukan.

Deretan sofa di lobi BWP Hotel Batam. Foto by menixnews.com

Di areal lobi yang luas tersebut juga tersedia deretan sofa-sofa cantik untuk duduk santai para tamu. Di samping meja resepsionis, tersaji pula infused water dan jus ditambah cemilan berupa keripik dan kacang yang bisa dinikmati tamu secara free sebagai peneman santai di lobi.

Infused water dan jus yang tersedia di lobi BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com

Jika membutuhkan komputer untuk searching, browsing, mengecek email, dan lainnya, di sebelah meja infused water telah disiapkan dua unit PC (personal computer) lengkap dengan fasilitas internetnya. PC ini bisa digunakan para tamu tanpa biaya. Komputer ini juga dimanfaatkan duo crucils untuk menonton channel Youtube kesayangan mereka karena kebetulan tidak ada tamu lain yang mengggunakannya.

Dua unit komputer yang tersedia di lobi BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com

Bersebelahan dengan lobi, terdapat taman outdoor yang cocok untuk duduk santai sambil ngobrol. Jika ingin pesan makanan dan minuman, bisa dilakukan di lounge yang ada di lobi. Taman ini merupakan taman median terletak di tengah di antara hotel BWP dan apartemen yang berada di bagian belakang hotel tersebut. Taman ini juga ciamik untuk foto-foto.

Fasilitas Kamar Deluxe dengan View Ciamik

Setelah proses check-in selesai, kami pun diberikan kunci untuk kamar Deluxe dengan nomor 1210 yang berarti terletak di lantai 12, kamar ke-10. Kunci kamar di hotel ini berstandar hotel bintang empat dengan card system. Kunci ini, tidak hanya untuk membuka kamar, tetapi juga untuk menjalankan lift ke lantai yang kita tuju. Pada kunci tersebut juga telah ditentukan masa penggunaannya yakni check-out pukul 12.00 WIB keesokan harinya. Lewat dari jam tersebut, kunci sudah ter-block dan tidak bisa digunakan lagi.

Di kamar Deluxe yang kami tempati, selain nyaman dengan style interior modern dan pemandangan yang indah, pastinya kamar dilengkapi dengan kasur yang empuk dan nyaman, meja kerja, televisi, sofa, lemari pakaian, kotak brankas, dan kamar mandi lengkap dengan pernak-perniknya.

Di sini juga tersedia timbangan digital sebagai pengingat berat badan para tamu…. (ehmmmm pengingat untuk selalu menjaga pola makan juga sih ya, supaya di berkembang ke kanan dan ke kiri. Secara tumbuh itu kan ke atas, bukan ke samping kan ya…hehehe).

Timbangan digital yang tersedia di setiap kamar BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com

Dan, asyiknya lagi, di dalam mini bar yang ada di kamar, tersedia air mineral dan soft drink serta beberapa cemilan yang diberikan secara gratis. So, kalau menginap di BWP, jangan ragu untuk menikmati sajian mini barnya ya karena ini complimentary alias free of charge. Selain itu juga tersedia free refreshment seperti kopi, teh, gula, krim, dan tentu saja lengkap dengan cattle (pemanas air) serta cangkir dan sendoknya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah foto-foto fasilitas kamar Deluxe Room BWP Hotel Batam.

This slideshow requires JavaScript.

Satu fasilitas lain di kamar ini yang sangat saya suka adalah USB port alias tempat colokan USB yang bisa digunakan untuk mengecas handphone atau alat elektronik lainnya yang letaknya di atas meja kerja. Jadi, jika kita hanya membawa kabel data tanpa membawa adaptor, tetap bisa mengecas alat komunikasi.

USB Port di atas meja kerja di kamar Deluxe BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com.

Untuk melihat lebih detail fasilitas kamar Deluxe, tonton saja videonya di channel saya ini ya!

Kolam Renang Outdoor Bikin Crucils Susah Move On

Yang namanya stay-cation membawa crucils, fasilitas apalagi yang paling bikin betah kalau tidak kolam renang. Setelah bosan menikmati entertainment di dalam kamar berupa TV dan internet, pasti yang dituju adalah kolam renang. Nah, BWP ini punya dua kolam renang outdoor yang terletak di lantai dua. Satu kolam khusus untuk anak-anak dengan kedalaman 0,6 meter, dan satu lagi untuk dewasa dengan kedalaman 1,2 meter. Letak kolamnya saling berdampingan.

Dari sini, terpampang pemandangan hijau hutan Dam Duriangkang dan kesibukan lalu lintas jalan raya Mukakuning. Di pinggir kolam, pastinya tersedia tempat duduk dan sofa untuk bersantai dan berjemur. Jika ingin membuat kulit Anda lebih eksotis, tempat ini memang sangat recommended. Hehehe 

Kolam renang BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com

Keberadaan kolam renang ini membuat duo crucils saya susah move on. Mereka asyik bermain sepanjang siang-sore di hari pertama, kemudian dilanjutkan selepas sarapan hingga sore di hari kedua. Terik matahari yang membuat kulit mereka begitu eksotis tidak dihiraukan.

Di areal kolam renang ini juga tersedia fasilitas lain yakni sauna gratis yang letaknya satu tempat dengan kamar mandi serta SPA (tidak gratis) yang berada di sebelah kamar mandi,

Satu lantai dengan kolam renang ini, tersedia pula fasilitas kebugaran gratis berupa gym centre yang bisa digunakan para tamu untuk berolahraga dan menjaga badan agar tetap fresh.

Sarapan Yummy dan Live Cooking

Mari sarapan di Andaliman Restaurant BWP Batam. Photo by menixnews.com

Seperti apakah menu sarapan pagi di BWP Hotel? Ehmmm pastinya puluhan menu tersedia mulai ala tradisional Indonesia  sampai ala Asia dan barat. Tidak ketinggalan ala Melayu dan India. Ada aneka bubur, gado-gado, nasi lemak, gudeg, roti canai, kare ayam, daal, spageti, aneka bakery, sereal, dan masih banyak lagi.

Para tamu memadati Andaliman Restaurant BWP Batam saat sarapan pagi. Photo by menixnews.com

Ratusan tamu yang memadati Andaliman Restaurant (restoran utama BWP Hotel) silih berganti mencicipi setiap hidangan yang tersaji.

Live cooking sushi saat sarapan di Andaliman Restaurant BWP Batam. Photo by menixnews.com

Yang paling menarik bagi kami adalah adanya stall-stall live cooking yang bikin duo crucils yang memang sangat suka masak-memasak terpaku. Live cooking tersebut di antaranya, pembuatan sushi, aneka mi, omelet, pan cake, muffin, dan lainnya.

Kami sangat senang dengan adanya live cooking ini karena crucils bisa menyaksikan langsung cara memasak beberapa jenis menu makanan.

This slideshow requires JavaScript.

Untuk kudapan, tersedia aneka jajanan tradisional atau jajanan pasar, aneka cake basah, dan aneka puding. Begitu juga dengan minumannya, tersedia yang tradisional Indonesia yakni jamu, aneka jus, infused water, coklat, kopi, dan teh.

Sedapnya Makan Siang Steam-boat

Setelah menikmati sarapan pagi, siang harinya sebelum meninggalkan hotel, kami sempatkan untuk kembali ke Andaliman Restaurant. Kali ini adalah untuk menikmati sajian paket steam-boat. Saya memesan paket berdua dengan harga sekitar Rp187.000 net.

Menikmati sajian steam-boat di BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com.

Meskipun dinikmati berempat bersama duo crucils, ternyata porsi steamboat sangat mengenyangkan. Bahkan, aneka sayur dan mihun yang tersaji tidak habis kami santap.

Ada dua pilihan kuah steam-boat di sini yakni kaldu dan tom yam. Dan, kami pun memilih kuah tom yam karena lebih berasa pedas dan segar. Sebagai isi steamboat, disajikan ayam, udang, ikan, cumi, telur, bakso, mihun, dan aneka sayuran serta beberapa macam sambal. Steam boat ini bisa dinikmati saat jam makan siang, sore, hingga malam hari.

Sajian steam-boat di BWP Hotel Batam. Photo by menixnews.com.

Bagaimana lengkapnya sajian steamboat di sini, tonton vedionya di channel saya ya!

Meeting Facilities and Other Entertainments

Sebagai city hotel bintang empat, BWP Hotel tidak hanya nyaman untuk bermalam, tetapi juga sangat representatif untuk kegiatan bisnis, rapat atau pertemuaan (meeting), seminar, bahkan pesta pernikahan (wedding party).

Di sini tersedia beberapa ruang meeting dengan kapasitas kecil, medium, sampai besar (hall) yang mampu memuat ribuan orang. Nama-nama meeting room merupakan pengabadian nama-nama tokoh dan tempat yang ada di Kepri dan Sumatera Utara seperti Hang Tuah, Hang Jebat, dan Hang Kesturi, Nongsa, Nipa, dan Natuna. Sedangkan untuk ball room diberi nama Sisoding Grand Ballroom. Sisoding adalah nama daerah di Tanapunuli Utara, Sumatera Utara.

ballroom bwp batam

Pesta malam tahun baru di ball room BWP Batam. Photo by patrolmedia.

Tidak hanya itu, BWP juga dilengkapi dengan fasilitas entertainment yang bisa dinikmati bersama keluarga maupun kolega bisnis. Di sini tersedia tempat karaoke Sing Sing So (SSS) Karaoke and KTV yang terletak di lantai dua, serta Silangit Executive Lounge dan roof top La Bella Vista yang ada di lantai 15.

La Bella Vista merupakan roof top andalan BWP. Dari tempat ini, di siang hari kita bisa menikmati indahnya pemandangan hijau lingkungan sekitar dan pada malam hari tampak kerlap-kerlip lampu Kota Batam serta kendaraan yang melintas di sepanjang jalan raya. Asyiknya lagi, sambil bersantai menikmati aneka makanan dan menuman, kita juga dihibur oleh live music.

Bersantai di Roof Top La Bella Vista BWP Batam. Photo by menixnews.com

Tunggu apa lagi, yuks kita refreshing sejenak dari rutinitas harian dengan bermalam di BWP Hotel dan memanjakan diri dengan segala fasilitas yang ada.

Untuk reservasi dapat dilakukan melalui virtual hotel marketing seperti Traveloka, Pegi-pegi, Tripadvisor, dan lain-lain atau langsung buka website Bwpremierpanbil.com

Best Western Premier Panbil Batam
Jl. Ahmad Yani, Muka Kuning, Batam 29433, Indonesia
P: +62778371888
F: +62778371999
Reservation : +622157932030
Bestwestern.com

Baca juga review saya tentang BWP Batam sebelumnya:

Kemewahan dan Keunikan Hotel Bintang Empat Plus Best Western Premier Panbil Batam