5 Fasilitas Utama yang Wajib Ada dalam Bisnis Coworking Space

Coworking

GENERASI milenial saat ini berbeda dengan generasi sebelumnya dalam pemilihan pekerjaan. Generasi milenial lebih  menggandrungi pekerjaan yang tidak begitu mengikat. Sehingga tidak mengherankan pekerjaan lepas atau freelancer sangat diminati karena bisa dijalankan dengan santai dan
memberikan penghasilan yang menjanjikan.

Untuk itu mereka butuh sebuah tempat yang bisa menunjang aktivitasnya tersebut. Dan salah satu wadah yang banyak dilirik adalah coworking space. Ruang kerja bersama ini memberikan prospek yang jelas dengan biaya perawatan yang rendah.

Bagi Anda yang tertarik mendirikan tempat tersebut, tidak butuh modal yang banyak namun perlu diketahui apa saja fasilitas yang wajib ada. Semakin nyaman ruangan yang disediakan, maka penyewa akan senang dan terus menggunakan coworking yang Anda miliki.

5 Modal yang Diperlukan untuk Membangun Coworking Space

Jika Anda memahami bisnis digital, pastinya tidak sulit mempersiapkan perlengkapan untuk membuat
tempat bekerja bersama ini. Promosi yang gencar harus dilakukan supaya bisnis yang Anda kelola dapat dikenal oleh banyak orang termasuk pemilik startup.

Untuk memulai membuka coworking space selain menyiapkan modal yang cukup, Anda juga harus memiliki kecakapan dalam hal pengelolaan keuangan agar usaha tersebut bisa berjalan lancar.

Beberapa hal yang wajib ada di coworking diantaranya adalah:

1. Meja kerja

Ada beragam jenis meja kerja yang harus dipersiapkan, mulai single desk hingga yang bentuknya
melingkar agar dapat dipakai oleh beberapa penyewa sekaligus.

Pastikan kualitasnya bagus dan bisa menahan beban yang berat seperti komputer. Banyaknya meja yang disediakan bergantung pada luas ruangan serta pilihan paket yang Anda buat.

2. Akses internet

Wifi menjadi salah satu fasilitas yang wajib ada di Coworking space. Karena aktivitas penyewa sebagian besar berhubungan dengan dunia online, maka Anda harus menyiapkan jaringan internet dengan kecepatan super tinggi.

Tidak hanya untuk mengirimkan data ke klien, banyak juga yang memanfaatkan Wifi untuk bermain game online dan menonton video atau film kesukaan. Tak jarang ini dijadikan pertimbangan freelancer dalam memilih ruang bekerja bersama.

Jadi jika ingin bisnis coworking ramai, berikanlah layanan yang memuaskan termasuk akses internet yang lancar.

3. Pembuatan taman

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha ini, Anda harus memiliki konsep yang matang. Buat tema yang berbeda dan unik namun tetap mempertimbangkan kenyamanan para pengguna.

Taman dapat menjadi pilihan tepat agar penyewa tidak jenuh saat bekerja di meja yang mereka sewa. Efek segar yang diberikan bisa membuat pikiran menjadi fresh sehingga ide-ide kreatif banyak bermunculan.

Dibandingkan menyediakan lokasi bermain game, pembuatan taman dinilai jauh lebih efektif dan tidak menguras kantong Anda.

4. Cafetaria

Bekerja seharian jika tidak didukung oleh asupan nutrisi yang seimbang bisa membuat pikiran sulit berputar. Daripada penyewa coworking keluar untuk mencari makan dan minum, akan lebih menguntungkan jika Anda menyediakan cafetaria yang menyediakan snack dan juga minuman
seperti kopi.

Pengguna pasti akan lebih nyaman bekerja di coworking space karena semua yang dibutuhkan bisa diperoleh disini. Jadi selain mendapatkan penghasilan dari menyewakan meja kerja, Anda juga memperoleh pemasukan dari cafe tersebut.

5. Pilihan paket

Pilihan paket yang lengkap menjadi daya tarik tersendiri bagi pekerja lepas karena bisa disesuaikan
dengan kebutuhan. Selain memberikan paket meja tunggal, sediakan juga ruangan yang dapat
disewa untuk rapat.

Dan,  yang paling penting, reservasi harus dipermudah dimana penyewa bisa mendaftar paket secara langsung di tempat atau via online.

Setelah mengetahui apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendirikan creative work spaces ,
kini Anda bisa memperkirakan berapa besarnya budget yang diperlukan. Pertimbangkan juga
pemilihan lokasi agar mudah diakses dari manapun.

Bisnis sewa meja dan ruang kerja bersama ini sanggup memberikan keuntungan yang besar setiap bulannya karena jumlah peminatnya terus bertambah dari tahun ke tahun. (*)