Home / Inspirations / Serunya Liburan di Productive Holiday Camp: Belajar Public Speaking, Blog Writing, dan Video Making
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
holiday camp news presenter rifqi
Rifqi, peserta Productive Holiday Camp sedang praktik sebagai pembaca berita di Bagoes Batam Studio. photo: menixnews

Serunya Liburan di Productive Holiday Camp: Belajar Public Speaking, Blog Writing, dan Video Making

MEMASUKI pekan kedua liburan panjang sekolah Juni-Juli 2023, seorang ibu teman anak sulung saya menelepon.

“Mbak ada program liburan gak untuk anak-anak. Kasihan nih anak-anak liburan pada di rumah aja,”katanya.

“Okay. Bagaimana kalau kita bikin camp selama sepekan dengan memberikan workshop yang fokus pada skill public speaking, blog writing, dan video making?” jawab saya.

Eh, ternyata si ibu setuju banget karena tiga skill tersebut memang menjadi bagian dari life skill yang dibutuhkan di zaman serba digital sekarang.

Selain itu, anak-anak juga bisa memaksimalkan gadget yang dipegangnya untuk menghasilkan karya, baik itu tulisan di blog sendiri maupun membuat konten video.

Dapatlah Coach Ade Jamil sebagai tutor public speaking, saya sendiri sebagai tutor blog writing, dan Mas Danan Wahyu sebagai tutor video making. Para tutor pun sepakat untuk membuat buku panduan alias modul.

Modul yang kami tulis untuk Productive Holiday Camp
Modul yang kami tulis untuk Productive Holiday Camp. Photo: menixnews.com

Awalnya, camp ini hanya untuk satu kelompok yang terdiri dari lima orang. Pesertanya cewek semua dan mereka pernah satu kelas VI di SD AIS, dimana anak sulung saya sekolah.

Ternyata mendekati berakhirnya camp pertama, eh banyak orang tua lainnya yang juga ingin anaknya diikutkan dalam kegiatan serupa. Jadilah kami membuat Productive Holiday Camp jilid dua yang pesertanya cowok semua sebanyak lima orang.

Peserta camp jilid dua ini lebih beragam asal sekolah dan usianya. Ada yang dari  kelas 8 SMP AIS (Alkahfi Islamic School), kelas 8 SMP Kalista, kelas 8 Pondok Pesantren Imam Syafii Batam, dan kelas 5 SD AIS.

Untuk kelompok pertama, camp dimulai pada Selasa, 27 Juni  sampai Minggu, 2 Juli 2023. Sementara kelompok kedua, kelas dimulai dari Selasa, 4 Juli dan berakhir pada Minggu 9 Juli 2023.

holiday camp lunch bareng cowok
Peserta Productive Holiday Camp makan siang bersama seusai kelas. photo: menixnews

Kelas dimulai tepat pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB. Setiap hari kelas dibuka dengan doa bersama dan ditutup dengan makan siang bersama serta Zuhur berjamaah.

Camp dikonsentrasikan di markas GNF English Course, Bengkong Harapan 2 Blok J No. 31.

Apa saja kegiatan mereka di Productive Holiday Camp? Simak  keseruannya sampai akhir ya!

DAY 1 – Public Speaking

Hari pertama, para peserta mendapatkan pelajaran public speaking dari coach Ade Jamil. Materinya ada enam topik yakni Confident Building, Story Telling, Powerful Voice, Body Language, dan Speech Performance.

holiday camp cewek public speaking
Para peserta Productive Holiday Camp cewek sedang konsentrasi belajar public speaking dari Coach Ade Jamil. Photo: menixnews.com

Output dari materi public speaking ini adalah setiap peserta harus mampu berbicara di depan umum dengan percaya diri yang tinggi dan bahasa tubuh yang benar. Para peserta yang awalnya malu-malu saat bicara di depan umum, kini jadi lebih berani.

holiday camp cowok public speaking
Para peserta Productive Holiday Camp cowok sedang konsentrasi belajar public speaking dari Coach Ade Jamil. Photo: menixnews.com

Output lainnya adalah para peserta harus mampu menjadi story teller (pencerita) di depan umum baik di dunia nyata maupun secara digital. Hal ini dibuktikan dengan penyelesaian project membuat video story telling oleh masing-masing peserta.

Day 2-3: Blog Writing

Sesuai dengan judul kelasnya adalah blog writing, di kelas ini peserta diajari cara membuat blog. Tahap pertama ini blog yang tak berbayar alias gratisan dengan menggunakan platform wordpress.com.

holiday camp blog writing cewek
Para peserta Productive Holiday Camp cewek sedang konsentrasi mengerjakan karya tulis untuk diunggah ke blog masing-masing. Photo: menixnews.com

Setelah masing-masing peserta mempunyai blog dengan nama yang mereka suka, para peserta langsung dibimbing untuk menghasilkan karya tulis yang harus diunggah ke blog masing-masing dan langsung bisa dibaca oleh dunia.

Ada tiga tema tulisan yang wajib dihasilkan oleh para peserta yakni: my story, tips/process, dan artikel tentang remaja serta menulis naskah video. Nah, dari empat topik ini, masing-masing peserta sudah menghasilkan empat tulisan.

holiday camp blog writing cowok
Para peserta Productive Holiday Camp cowok sedang konsentrasi mengerjakan karya tulis untuk diunggah ke blog masing-masing. Photo: menixnews.com

Ternyata masing-masing peserta punya gaya asyik tersendiri dalam tulisannya. Hasil karya peserta bisa dibaca di blog mereka masing-masing di bawah ini ya!

  1. Dhabita: www.dhabitaazka.wordpress.com
  2. Nadhifa: www.ndhf2.wordpress.com
  3. Zhafira: www.zhafiranay.wordpress.com
  4. Sarah: www.safauhas.wordpress.com
  5. Jilan: www.bromdote.wordpress.com
  6. Abdullah: https://abdullahfauzi5.wordpress.com
  7. Daanish: https://danmusd.wordpress.com
  8. Faruq: https://faruqyura.wordpress.com/
  9. Adrian: https://nerdua3.wordpress.com
  10. Rifqi: https://riqosplace.wordpress.com

Day 4-5: Video Making

Setelah belajar public speaking dan blog writing, saatnya mereka menambah skill tentang video making, mulai dari teknik pengambilan video, editing, pengisian suara, sampai uploading ke channel youtube masing-masing.

holiday camp video making cowok
Mas Danan Wahyu sedang memberikan materi video making kepada peserta Productive Holiday Camp. photo: menixnews

Mas Danan sebagai tutor dengan sabar membimbing peserta dalam suasana santai tapi serius seraya menikmati cemilan yang disediakan di kelas.

Ternyata para peserta ini kreatif-kreatif dan selalu berfikir out of box. Ketika diberi tugas untuk mengambil video suasa kelas belajar, eh ada aja yang justru membuat video lain yakni podcast.

Field Trip ke Indra Batik Batam

Setelah mendapatkan bekal ilmu bagaimana memproduksi video, para peserta pun diajak untuk langsung praktik peliputan ke Indra Batik Batam.

holiday camp cowok public speaking
Hasil praktik membuat sapu tangan batik cap di Indra Batik Batam. Photo: menixnews

Lokasi field trip ini berada di Perumahan The Hill, Nongsa. Para peserta berangkat bersama menggunakan mobil.

Di tempat pembuatan batik, mereka disambut oleh pemilik workshop yakni Pak Indra Sugiyono. Indra Batik Batam yang sudah beroperasi selama 13 tahun, mengangkat desain batik berciri khas lokal Batam sebagai kota kepulauan dengan motif utama biota laut (gonggong, ikan marlin, bintang laut, terumbu karang dan lainnya).

Ada tiga jenis batik yang dikembangkan Pak Indra di workshopnya yakni batik tulis, batik kontemporer (perpaduan tulis dan cap), dan batik cap.

holiday camp praktik membatik cowok
Faruq, satu di antara peserta Productive Holiday Camp belajar membatik tulis bersama Pak Indra, pemilik Indra Batik Batam. Photo: menixnews.com

Di workshop ini, para peserta praktik bagaimana cara membatik tulis dan membuat batik cap. Mereka bahkan membuat batik capnya sendiri berupa sapu tangan.

Prosesnya mulai dari penyiapan kain, penyiapan malam yang dipanaskan, pencetakan, pewarnaan, perebusan, pencucian, sampai pengeringan dan pembuatan nama di karya masing-masing.

Jadi begitu pulang, masing-masing  peserta membawa oleh-oleh berupa sapu tangan batik dengan nama lengkap peserta.

holiday camp hasil membatik cowok
Hasil praktik membuat sapu tangan batik cap di Indra Batik Batam. Photo: menixnews

Berikut adalah video hasil liputan dari setiap peserta:

Praktik News Presenter di Batam Bagoes Studio

Sebagai bentuk praktik nyata dari public speaking para peserta diajak praktik langsung menjadi pembaca berita atau news presenter ke Bagoes Batam Studio milik Mas Arianto P.

holiday camp news presenter cewek
Peserta Productive Holiday Camp cewek sedang mendengarkan materi tentang broadcasting dari Om Arianto, pemilik Bagoes Batam Studio. photo: menixnews

Di sini mereka diperkenalkan alat-alat broadcasting profesional dan bagaimana cara memproduksi sebuah acara yang layak ditayangkan baik di televisi maupun channel youtube.

Setiap peserta diberi kesempatan untuk praktik menjadi pembaca berita dalam bahasa Inggris dengan program Good Morning milik Voice of America (VoA).

holiday camp news presenter cowok
Peserta Productive Holiday Camp cowok sedang siap-siap tampil sebagai pembaca berita di Bagoes Batam Studio. photo: menixnews

Mengapa VoA? Karena Bagues Batam Studio memang memiliki kerjasama dengan VoA. Jadi praktik broadcastingnya makin seru.

Para peserta begitu antusias mengikuti setiap proses produksi sebuah berita. Mereka berperan layaknya pembaca berita profesional.

holiday camp news presenter rifqi
Rifqi, peserta Productive Holiday Camp sedang praktik sebagai pembaca berita di Bagoes Batam Studio. photo: menixnews

Mau tahu hasil broadcasting mereka sebagai news presenter? Klik masing-masing video di bawah ini ya!

Dari kegiatan ini, ada tutor dan peserta yang membuat video rangkuman keseluruhan acara yang bisa ditonton di sini:

Pembagian Sertifikat

Setelah sepekan mengikuti Productive Holiday Camp, para peserta diberikan sertifikat yang menyatakan telah menyelesaikan workshop intensif ini.

holiday camp sertifikat cewek
Peserta Productive Holiday Camp cewek menerima sertifikat. photo: menixnews
holiday camp sertifikat cowok
Peserta Productive Holiday Camp cowok menerima sertifikat. photo: menixnews

Bagaimana? Seru kan mengisi liburan dengan menambah ilmu. Productive Holiday Camp ini juga punya slogan loh yakni “Everyday Holiday, Everyday Study”.

Kamu mau ikutan juga camp seperti ini? Ayuks gunakan jari kamu dan kirim pesan via WA ke nomor 0852645598817 dengan Sri Murni sebagai pemilik program. (sri murni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.