Home / Bisnis / Anak Muda Gak Usah Bingung Cari Kerja!
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Ilustrasi pencari kerja
Ilustrasi pencari kerja.

Anak Muda Gak Usah Bingung Cari Kerja!

Ilustrasi pencari kerja
Ilustrasi pencari kerja.

Seorang tetangga, anak muda, yang baru setahun menyelesaikan gelar sarjana  mengajak ngobrol saya belum lama ini:

Dia: Bu, ada lowongan kerja gak?

Saya: Hehehe gak ada, Mas. Wong di rumah cuma ada pekerjaan rumah tangga dan bisa dikerjakan saya bersama anak-anak dan suami.

Dia: Hehehe, maksud saya ibu ada informasi lowongan kerja gak? Ibu kan punya banyak relasi, siapa tahu ada info lowongan.

Saya: Hehehe….. iya iya…. Coba nanti saya tanyakan teman-teman ya. Atau nanti saya tanyakan suami kalau dia sudah pulang. Memang mau kerja di bidang apa?

Dia: Apa aja Bu, yang penting ada kerjaan. Udah suntuk nganggur aja dan udah capek juga ngelamar ke sana ke mari.

Saya: Mas ada keahlian apa? Ada punya pengalaman kerja?

Dia: Keahliah? (Tampak agak bingung). Apa ya? Saya kan lulusan hukum Bu dan pernah magang di kantor notaris.

Saya: Sudah coba melamar di kantor-kantor notaris?

Dia: Sudah Bu, tapi belum ada panggilan. Saya juga sudah banyak mengajukan lamaran ke PT-PT (pabrik manufaktur, red) dan tempat lain, tapi belum ada hasil.

Percakapan saya dengan anak muda itu, hanyalah satu dari sekian banyak kejadian serupa yang saya alami. Ketika bertemu dengan para mahasiswa pun, tidak sedikit yang mengeluhkan kesulitan dalam mencari kerja.

Dan sayangnya, ketika ditanya apa keahlian yang dimiliki, mereka rata-rata menjawabnya dengan bingung,”Ehmmm apa ya?”

Di zaman serba digital dengan kompetesi super ketat begini, kita tidak bisa menjadi orang yang tidak punya keahlian.

Pintar memasak, menjahit, mengelas, mendesain, mengajar, menulis, berbahasa asing, mendongeng, memotret, dan mengedit foto atau video, adalah beberapa contoh keahlian yang bisa menopang ekonomi hidup kita di masa sekarang.

Dan, kemampuan komputer seperti mengoperasikan microsoft word dan excel menjadi skill dasar yang wajib dimiliki setiap orang di zaman sekarang.

Kita tidak bisa hanya mengandalkan ijazah lulusan pendidikan tinggi (setinggi apapun itu) tanpa dibarengi dengan keahlian di satu atau lebih bidang tertentu. Sebab, ketika kita hanya mengandalkan ijazah dan hanya berharap bekerja di sebuah perusahaan atau menjadi pegawai negeri, maka persaingan akan begitu ketat dan sulit mendapatkan kesempatan.

Namun, ketika kita memiliki keahlian tertentu, maka kita bisa menjadi “bos” untuk pekerjaan kita sendiri alias berwirausaha.

Untuk bisa memiliki keahilan seperti yang saya sebutkan di atas, saat ini tidaklah sulit. Bahkan belajarnya cukup di depan laptop, komputer, atau handphone. Sebab, semuanya bisa dipelajari secara online dari ahlinya. Yang terpenting adalah kemauan.

Tidak hanya via tulisan ataupun gambar, tapi juga video-video disediakan dengan masif.

Belajar dari Skill Academy

Salah satu portal yang menyediakan beragam kursus keahlian secara online adalah Skill Academy dari Ruang Guru.

Di sini, hampir semua bidang keahlian tersedia. Mulai dari bagaimana menjual masker sampai menjadi designer fashion ala Ivan Gunawan atau belajar akting ala Fedi Nuril ada. Yang mau jadi tata rias wajah profesional (make up artis) juga bisa belajar di sini.

Yang mau jadi pialang saham atau forex trader, akuntan, penjual profesional (sales and marketing), dan keahlian lain bidang ekonomi, tersedia lengkap di portal ini.

Apalagi keahlian desain grafis, animasi, video editing, photo editing, digital marketing, dan informasi teknologi, lengkap di sini, termasuk kursus online microsoft office skill
academy.

Beberapa pilihan kelas di Skill Academy.

Tutornya juga beragam, dari pebisnis biasa yang sukses sampai sekelas artis Ivan Gunawan dan aktor Fedi Nuril. Jadi kita tinggal pilih keahlian sesuai passion kita masing-masing.

Secara umum, ragam kelas yang tersedia di Skill Academy adalah:

  1. Kelas Pengembangan Diri Terbaik yang berisi kursus menjadi news anchor, make up artist, fashion designer, youtuber, aktor, dan banyak lagi.
  2. Kelas Bisnis dan Keuangan Terbaik dengan pilihan enterprenuer handal, strategi pemasaran, perpajakan, menghasilkan uang media sosial, dan lainnya.
  3. Kelas Persiapan Tes Terbaik yang memberikan panduan bagaimana sukses mendapatkan nilai tinggi dari tes Bahasa Inggris Internasional seperti TOEFL, TOEIC, IELTS, dan lainnya.
  4. Kelas Pemasaran Terbaik yang berisikan tips dan trip berjualan agar sukses.
  5. Kelas Teknologi dan Software Terbaik berisi pembelajaran tentang pemograman, menulis untuk digital marketing, membuat website dan toko online, membuat animasi dan desain, serta banyak lagi.
  6. Kelas Paket Terbaik yakni kelas khusus bagi kita yang ingin belajar beberapa materi. Jika lima kelas di atas disajikan dalam topik satuan, nah kelas paket ini menyajikan beberapa topik dalam satu paket.
    Beberapa Kelas Paket di Skill Academy.

Kursus di Skill Academy memang tidak gratis namun biaya yang dikeluarkan tidaklah sebesar kursus offline. Rata-rata biaya untuk satu kursus seratusan ribu. Jika memerlukan belajar beberapa topik, lebih disarankan untuk membeli Kelas Paket Terbaik agar biayanya lebih murah.

Nah anak muda, dengan beragam media pembelajaran online yang begitu masif, jangan bingung lagi ketika ditanya “Apa keahlian kamu ya?”. Kamu harus sudah bisa menjawab satu atau dua keahlian ya! (sri murni)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.