Home / Inspirations / 5 Jurus Menghadapi Ujian Nasional
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia

5 Jurus Menghadapi Ujian Nasional

Haduuuh, dikit lagi Ujian Nasional nih. Deg-degan, gak nafsu makan, bergadang pasti kamu alami kan? Hal ini dijamin gak bakal kamu alami lagi deh setelah baca tips sukses Ujian Nasional berikut ini.

1. Jaga Kesehatan

Ini merupakan point yang paling penting. Jaga kesehatan disini diartikan jaga pola makan, jaga pola tidur, dan juga jaga mental. Makan lah makanan yang bernutrisi yang kaya protein dan juga vitamin, yang membuat kamu untuk kuat saat bertarung menghadapi Ujian Nasional nanti. Tidurlah yang cukup dan jangan sering bergadang.

Kalau kamu tetap memaksakan bergadang karena terlalu memaksakan otak untuk berfikur, kasian otak kamu. Otak kamu juga butuh istirahat, sama seperti badan kita ini. Jadi kurangin bergdanag ya, tidurlah dengan waktu yang cukup agar kamu lebih fresh lagi beraktivitas untuk besok harinya.

Jaga mental disini maksudnya kamu jangan stress dalam menghadapi Ujian Nasional. Tetap santai dan percaya diri bahwa usaha yang kamu lakukan ini akan berbuah manis. Apalagi setelah baca tips sukses Ujian Nasional ini hehe.

2. Cari Suasana Belajar yang Kondusif

Dalam menghadapi Ujian Nasional ini memang butuh konsentrasi yang penuh. Carilah tempat belajar yang membuat kamu nyaman dan hindari dari keramaian.

Bisa di kamar, atau kalau bosan bisa cari taman yang banyak pohon-pohon agar kamu bisa lebih fresh lagi dalam berfikir.

3. Percaya Diri dalam Menjawab Soal Ujian Nasional

Selain point yang diatas, percaya diri juga sangat di butuhkan. Jangan merendahkan diri terlebih dahulu atau menciutkan hati kamu. Tetaplah yakin kalau kamu mampu melahap soal apapun yang ada di Ujian Nasional nanti.

Jika kamu merasa kesulitan dalam belajar atau bosan dengan belajar yang gitu-gitu aja di sekolah. Kamu bisa menggunakan aplikasi Ruangguru. Loh emang bisa? Bisa dong, karena di Ruangguru, ada materi-materi pelajaran yang biasa kamu pelajari disekolah.

Tampilan pada aplikasi Ruangguru.

Disana ada juga guru yang siap membantu kamu dalam menjawab soal apapun. Video belajar yang di sajikan juga nggak akan membuat kamu bosan, malah membuat kamu menjadi semangat dan lebih mudah pahami Jangan khawatir juga, di aplikasi online ini kamu akan mendapatkan soal-soal untuk menghadapi UN dan juga pembahasannya loh. Keren kan!

Tampilan aplikasi ruang guru.

4. Hindari Aktivitas yang Mengganggu Persiapan Ujian Nasioanal

Dalam menghadapi UN, kamu harus fokus dan hindari aktivitas atau kegiatan yang akan mengganggu kamu dalam belajar. Seperti, bermain gadget, bermain game atau hangout dengan teman. Tahan dulu ya teman sebelum Ujian Nasional berakhir.

5. Berdoa

Setelah melakukan point diatas, jangan lupa untuk selalu berdoa untuk di mudahkan dalam semua hal terutama saat Ujian Nasional nanti. Tidak lupa juga untuk minta bantu doa kepada orantua dan keluarga. Kalau kata pepatah “Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil”.

Nah, teman-teman semoga 5 tips sukses Ujian Nasional diatas dapat membantu kamu dan menjadi lebih semangat lagi ya. Salam sukses. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.