• Home »
  • Bisnis »
  • Pentingnya Beli Asuransi Mobil, Jangan Menyesal Setelah Kejadian

Pentingnya Beli Asuransi Mobil, Jangan Menyesal Setelah Kejadian

My little family

PRIBAHASA untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, cocok menggambarkan kejadian yang pernah saya alami terkait kecelakaan mobil.

Apa yang menimpah mobil saya memang tidak begitu parah, tetapi cukup memberikan pelajaran yang sangat berarti.

Ceritanya, beberapa bulan lalu, saat mobil saya terparkir di teras rumah, tiba-tiba meluncur sendiri ke luar garasi dan melintang di tengah jalan komplek.

Tidak sekadar meluncur, tetapi juga menabrak mobil tetangga yang sedang diparkir di seberang rumah saya.

Ketika itu masih magrib. Suara tabrakan mobil saya sangat keras dan mengagetkan saya yang sedang sholat.

Saking kerasnya, tetangga juga kaget dan mereka keluar rumah. Sebagian masih mengenakan mukenah dan kopiah, karena baru selesai sholat magrib.

Saat kejadian, pintu pagar teras memang tidak ditutup, sehingga mobil meluncur dengan cepat dan menabrak mobil tetangga. Apalagi, posisi teras rumah saya lebih tinggi dari jalan.

Kejadian itu telah membuat kerusakan cukup parah pada bagian belakang mobil saya dan kerusakan ringan pada bagian depan mobil tetangga.

Terus terang, awalnya saya tidak habis pikir mobil bisa meluncur sendiri tanpa disentuh siapapun. Padahal mobil saya biasanya terkunci.

Setelah kejadian, saya mencoba mencari tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Sidik punya sidik, ternyata pintu mobil saya tak terkunci akibat ulah my youngest lady yang suka main pencet-pencet kunci mobil. 

Selain itu, sore hari sebelum kejadian, banyak anak-anak tetangga main bersama duo crucils saya di teras rumah. Salah satu anak ternyata main di dalam mobil dan menggeser tuas pemindah gigi mobil serta menarik ke bawah tuas rem. 

Kesel sih, tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Tidak juga ingin meminta pertanggujawaban si anak yang main di dalam mobil karena ada juga kelalaian saya sebagai pemilik mobil dan keisengan anak saya yang suka pencet-pencet kunci mobil sehingga pintunya tidak terkunci.

Tidak Punya Asuransi Mobil

Penyesalan itu datangnya memang terlambat. Termasuk penyesalan saya setelah kejadian di atas karena tidak punya asuransi mobil. Kebetulan mobil saya beli seken dan tunai dengan pemilik pribadinya (bukan via showroom atau leasing) dan tidak langsung dilindungi asuransi.

Kalau sudah kejadian begini, tentu saja pengeluaran untuk perbaiki mobil cukup besar. Apalagi harus menanggung bukan saja perbaikan mobil saya sendiri tapi juga mobil tetangga yang kena tabrak.

Pentingnya Asuransi Mobil

Jika kita punya mobil, baik baru maupun seken, baiknya memang selalu dilengkapi dengan asuransi mobil.

Sebagaimana fungsi asuransi pada umumnya, yang sifatnya memang protektif, demikian juga dengan asuransi mobil. Sehingga, jika terjadi sesuatu pada kendaraan, misalnya kecelakaan dan kerusakan, beban yang harusnya ditanggung pemilik mobil bisa dialihkan kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin.

Meskipun, mungkin beban itu tidak semuanya ditanggung asuransi, tapi setidaknya meringankan pemilik mobil ketika musibah terjadi.

Untung saja, musibah yang menimpah mobil saya terbilang ringan. Bagaimana jika mengalami kecelakaan di jalan raya dengan kerusakan yang parah? Tentu saja sangat menguras kantong.

Membeli Asuransi Mobil

Membeli asuransi untuk mobil, di zaman now tidaklah seribet zaman old yang harus datang ke kantor asuransi dan melakukannya secara manual.

Zaman now, semuanya bisa dilakukan via online dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu, proses pemilihan asuransi yang dibutuhkan juga sangat mudah karena sudah tersedia supermarket asuransi online, Futuready.

Beli asuransi mobil di Futuready.com sudah terjamin. Sebab, perusahaan ini telah mengantongi lisensi atau izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika diibaratkan dengan online shop, Futuready ini merupakan marketplace-nya asuransi. Dia bukanlah penyedia jasa asuaransi, melainkan tempat penjualan beragam asuransi yang berasal dari banyak perusahaan asuransi.

Empat produk asuransi utamanya adalah: kesehatan, perjalanan, kesehatan, dan mobil.

Jenis asuransi yang tersedia di Futuready.

Cara membelinya juga sangat gampang, hanya perlu buka webnya, kemudian pilih jenis asuransi yang diinginkan.

Jika hendak beli asuransi mobil di Futuready.com, kita hanya perlu masukkan nama dan nomor telepon, kemudian kota tempat tinggal kita. Dengan cepat, situs akan menyajikan pilihan dari puluhan jasa asuransi mobil yang tersedia (saat ini tersedia 21 pilihan asuransi mobil di situs tersebut).

Urutan pilihannya juga bisa diubah sesuai keinginan mulai dari premi termurah, premi termahal, atau justru abjad a-z dan z-a.

Setelah mendapatkan pilihan yang tepat, langsung bisa beli asuransi mobil di Futuready.com dengan bertransaksi secara online.

Jika ada kendala, bisa langsung live dengan petugas di kolom kanan bawah pada web tersebut. Gampang kan! (sri murni)