Home / Bisnis / Software Cloud ERP Indonesia Bantu UKM di Era Revolusi Industri 4.0
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia

Software Cloud ERP Indonesia Bantu UKM di Era Revolusi Industri 4.0

Dengan software cloud ERP Indonesia SystemEver, bisa bekerja kapan saja dan dari mana saja.

Software Cloud ERP Indonesia- SETIAP orang pasti sudah memiliki rencana dalam hidup terutama terkait pekerjaan, karir, dan keluarga. Begitu juga dengan saya. Di sini, saya ingin berbagi cerita tentang  impian saya untuk menjadi seorang wirausahawati atau bahasa kerennya enterprenuer.

Membangun bisnis sendiri memang tidaklah mudah. Saya memulai usaha kecil-kecilan sejak pertama kali menginjakkan kaki merantau di Batam pada 2004 lalu. Ketika itu, bersama seorang teman membuka usaha sarapan pagi dengan menyewa tempat seperti food court.

Semua steling, meja, dan tempat duduk sudah disiapkan pengelola tempat, para tenant hanya perlu membawa perlengkapan masak dan makan, serta barang dagangan. Kami pun menjual sarapan pagi berupa mi kuah dan aneka kue tradisional.

Alhamdulillah, ketika itu hasilnya cukup lumayan, bahkan melebihi gaji bulanan saya sebagai karyawan swasta. Jadi usaha sarapan pagi ini saya jadikan pemasukan tambahan. Bahkan, saya pun sempat membuka cabang di food court lainnya di Batam.

Setelah hampir setengah tahun berjalan, usaha tersebut mulai goyah karena penjaga konter sarapan saya pulang kampung. Dia adalah lelaki pekerja keras dan bisa diandalkan, ulet, dan jujur, terutama soal keuangan.

Saya tidak bisa menunggui konter setiap saat sebab harus masuk kantor. Jadi semua urusan saya sarahkan kepadanya. Selama dipegang dia, hasil penjualan sangat lumayan.

Namun, setelah kepergiannya dan saya mempekerjakan pegawai baru, usaha mulai menunjukkan kemunduran. Hasil yang didapat pun sering sekali tidak sebanyak yang seharusnya jika dihitung dari barang dagangan yang habis.

Alhasil karena usaha tersebut terus menunjukkan kemunduran dan bahkan tidak menutup modal, saya pun menutup usaha tersebut.

Mulai Bisnis Kos-Kosan dan English Course

Apakah saya kapok berwirausaha? Tentu saja tidak. Sepertinya darah wirausaha itu sudah melekat pada diri saya sejak kecil. Apalagi saya memang terlahir dari keluarga wiraswasta. Ayah, ibu, dan semua kakak-abang saya bekerja sebagai wiraswastawan/wati dengan usaha berskala kecil menengah.

Setelah usaha sarapan pagi kandas, setelah menikah, saya dan suami mulai menjalankan usaha rumah sewa dan kos-kosan dengan investasi dana awal yang tidak besar. Kami memulainya dengan meminjam dana di bank. Pembayaran cicilan bulanan kami ambil dari hasil sewa kos-kosan.

Tahun pertama, tepatnya pada 2012 lalu, kami membeli satu rumah kos dengan lima kamar. Setiap bulannya kami mendapatkan penghasilan bersih dari rumah tersebut sekitar Rp1.5 juta. Untuk membayar cicilan Rp1.2 juta. Masih ada sisa Rp300 ribu.

Karena kami berdua masih tetap bekerja sebagai karyawan swasta, hasil gaji bulanan sebagian bisa kami sisihkan untuk ditabung dan melunasi utang di bank jauh sebelum waktunya. Sekitar dua tahun berutang, kami pun bisa melunasi utang di bank tersebut.

Setelahnya, selama setahun kami menabung lagi. Alhamdulillah pada 2014, kami bisa menambah investasi rumah sewa dengan sedikit meminjam lagi di bank. Tidak sampai setahun, utang di bank bisa kami lunasi.

Hasil kos-kosan dan rumah sewa, ternyata sangat lumayan untuk ditabung dan dibelikan lagi rumah sewa yang lain. Usaha ini terus kami tekuni, sampai saat ini. Kami pun sudah memiliki beberapa rumah kos dan rumah sewa. Peminat rumah kos dan sewa di Batam terbilang tinggi. Ini terbukti dengan jarang kosongnya rumah sewa dan kamar kos yang kami miliki.

Di samping bisnis rumah kos-kosan, pada 2014-2016, kami sempat juga membuka usaha jualan pre-loved berupa educative game. Barang diambil dari Singapura dan dijual secara online. Pembelinya dari banyak daerah di Indonesia. Saat itu, pengiriman barang dari Batam ke daerah-daerah lain di Indonesia sangat gampang.

Pesanan dari konsumenpun mengalir deras. Pendapatan dari bisnis tersebut terbilang sangat lumayan. Namun, usaha ini tidak bertahan lama karena banyaknya kebijakan yang menyulitkan barang ke luar dari Batam terutama barang bekas pakai.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, orang duduk

Merintis GNF English Course di rumah. Photo by menixnews.com

Setelah itu, pada 2018 lalu, ketika saya memutuskan untuk resign dari kantor, saya mulai menekuni usaha kursus bahasa Inggris dengan nama GNF English Course di rumah. Motivasi saya membuka usaha ini adalah:

  1. Ingin membantu anak-anak dan pemuda/i sekitar rumah yang kesulitan untuk belajar bahasa Inggris karena faktor biaya, juga faktor tempat kursus yang jauh dari tempat tinggal mereka. Sebab itu, uang kursus Bahasa Inggris yang saya bebankan ke mereka pun cukup murah, mulai Rp 100 ribu per bulan. Karena lokasi kursus saya berada di lingkungan tempat tinggal mereka, peserta didik tidak perlu biaya transportasi, cukup jalan kaki saja. Orang tua juga tidak was-was mengeleskan anak-anak mereka karena kenal baik dengan pengajarnya.
  2. Ingin memiliki usaha di rumah yang sesuai dengan passion serta skill yang saya miliki. Usaha di rumah, selain sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang, juga tetap bisa mengasuh ketiga anak saya. Anak tetap terurus, penghasilan tetap ada, dan otak tetap tajam karena terus belajar.
  3. Ingin memiliki usaha yang produktif (selain usaha non produktif berupa rumah sewa dan kos-kosan) yang dapat dijadikan sandaran ekonomi setelah suami dan saya tidak lagi bekerja sebagai karyawan swasta.

Merancang Bisnis dengan Software Cloud ERP Indonesia

Karena ingin memiliki usaha produktif dan saya memilih English Course, saya mulai memikirkan dan merancang sebuah lembaga pendidikan bahasa Inggris yang profesional, sebagaimana namanya GNF English Course. GNF adalah singkatan dari Globalising Nusantara Foundation yang memiliki visi Mengglobalkan Generasi Muda Nusantara.

English curse ini saya pilih sebagai usaha masa depan kami karena sampai kapan pun manusia tetap memerlukan pendidikan. Dan, Bahasa Inggris akan tetap bertahan sebagai bahasa utama internasional. Tidak menutup kemungkinan, tempat kursus yang saat ini masih skala kecil bisa menjadi Lembaga Bahasa Asing yang tidak hanya mengajarkan Bahasa Inggris tetapi juga bahasa asing lainnya.

Bahkan, saya punya impian membuka sebuah lembaga pendidikan sampai ke jenjang universitas yang berstandar internasional dimana penggunaan bahasa utamanya adalah Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Sehingga, lulusan lembaga pendidikan ini bisa bekerja dimana saja karena modal bahasa asing yang dikuasai cukup mumpuni. Selain itu, tentu saja penguasaan teknologi harus juga mumpuni apalagi kini sudah memasuki revolusi industri 4.0.

Untuk mencapai impian besar tersebut, pastinya perlu dilakukan langkah-langkah jitu. Salah satunya merancang integritas unit kerja yang terpadu dengan menggunakan Software sitemcloud ERP Indonesia.

Apa itu software ERP? Secara ringkas ERP yang merupakan kependekan dari Enterprise Resource Planning adalah sebuah konsep yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan.

ERP dijalankan dengan dukungan seperangkat infrastruktur komputer dan aplikasi, baik dalam bentuk hardware maupun software. Keduanya digunakan untuk memudahkan sekaligus mengintegrasikan pengolahan data dan informasi dalam sebuah perusahaan. Apalagi jika sudah menggunakan Aplikasi ERP terbaik, maka pekerjaan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan bisa darimana saja.

Dengan teknologi komputer (komputasi), sistem ERP akan melakukan analisis dan perencanaan sumber daya yang ada pada sebuah perusahaan, seperti SDM (sumber daya manusia), finansial, akuntansi, manajemen persediaan serta yang lain untuk kemudian diintegrasikan satu dengan yang lain sehingga menciptakan kolaborasi yang efektif dan efisien.

Terintegrasinya seluruh sumber daya perusahaan tersebut membuat berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah dan akurat sehingga dapat menunjang kinerja perusahaan.

Software ERP Terbaik

Sejak puluhan tahun lalu, software ERP sudah umum digunakan perusahaan-perusahaan besar di Amerika dan Eropa. Beberapa software ERP terbaik yang sudah popular di antaranya Odoo ERP, SAP Business One, NetSuite ERP, Oracle’s E-Business Suite, Ecount ERP dan sebuah aplikasi yang diproduksi oleh YoungLimWon(永林院) SoftLab Co.Ltd. yang bernama SystemEver®.

Nah, jika banyak software ERP digunakan perusahaan besar, kini hadir software ERP terbaik di Asia Tenggara bernama SystemEver yang dirancang untuk digunakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) atau Small and Medium Enterprises. Harganya pun disesuaikan dengan penggunanya sehingga lebih terjangkau. Ini termasuk Software ERP murah yang ada di Asia Tenggara.

Kelebihan Software ERP SystemEver

Sebagai software ERP terbaik di Indonesia, keberadaan sistemERP SystemEver memiliki beragam kelebihan di antaranya:

  1. SystemEver® mudah digunakan dimana saja dan kapan saja karena dapat diakses dengan menggunakan berbagai macam perangkat seperti PC, laptop, tablet dan smartphone.
  2. YoungLimWon (永林院)  sebagai produsen software ERP SystemEver sejak tahun 2017 juga telah merancang serta memasarkan SystemEver khusus untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia yang diberi nama i-Series.
  3. SystemEver menyediakan model sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik unit model (i, i2 & i3) maupun sistem ERP terintegrasi (i5 & i7).
  4. Karena dirancang untuk Indonesia, maka iSeries pun tidak hanya sekedar hadir dengan menggunakan bahasa Indonesia tapi juga bekerja sesuai dengan kultur bisnis Indonesia.
  5. YoungLimWon (永林院) juga telah membangun consulting lab untuk SystemEver iSeries, pada 2019 di Jakarta.

Produk dan Layanan Software ERP SystemEver®

Software ERP SystemEver ini sudah digunakan lebih dari 1600 pelanggan dari berbagai negara. Jika hendak menggunakan software ini, kita perlu mengetahui semua produk dan layanan yang telah disediakan sehingga kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

Produk dan layanan Software ERP SystemEver ini terbagi berdasarkan fitur dan versi. Berikut jenis produk dan layanannya:

A. Produk SystemEver® berdasarkan fitur: Consultan-K dan Visual-K

1. Consultan-K™

Bagi perusahaan yang ingin menghemat waktu dan tenaga, Consultan-K menjadi pilihan yang
tepat karena fitur ini akan membantu mempermudah implementasi sistem ERP pada
perusahaan.

Kelebihan lainnya yang dimiliki fitur ini adalah meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam
mengimplementasikan sistem ERP serta tidak perlu tenaga IT khusus untuk dapat
mengoperasikan sistem ERP.

2. Visual-K™

Fitur ini akan memudahkan para penggunanya dalam menjalankan proses kerja, karena
semua sudah ditangani Visual-K. Proses kerja yang terpetakan dengan visual yang sederhana,
hanya dengan satu kali klik pada proses kerja yang dituju, pengguna sudah bisa langsung
bekerja – selamat tinggal pull down menu konvensional.

Lebih menarik lagi, karena semua fitur pada SystemEver dapat diakses dengan
menggunakan berbagai macam bahasa yang dapat dipilih, seperti Bahasa Inggris, Mandarin,
Jepang, Korea, Vietnam serta Bahasa Indonesia.

Selain itu SystemEver juga dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta dapat diaplikasikan
pada berbagai media, seperti PC/desktop, laptop, tablet dan smartphone.

B. Produk Software ERP SystemEver Berdasarkan Versi

Diluncurkan sejak tahun 2014, produk dan layanan software ERP SystemEver terus
dikembangkan hingga lahir produk: iSeries yang dibuat khusus untuk pasar Indonesia dan
diluncurkan sejak tahun 2017.

Produk SystemEver tersebut terbagi atas 2 kategori yaitu: Unit Model (il, i2 & i3) dan Integrated ERP System (i5 dan i7)

1. iSeries: i1

Seri ini cocok untuk perusahaan yang baru dirintis. Sistem akuntasi tersedia di i1 yang dapat dioperasikan dengan mudah dan efisien sehingga cocok digunakan perusahaan yang butuh sistem akuntansi pemula. Bagi perusahaan yang baru mengawali penerapan sistem ERP, i1 wajib digunakan sebelum melangkah ke sistem ERP terintegrasi dan berkelanjutan.

2. iSeries: i2

Bagi perusahaan yang ingin dengan mudah mengelola sistem keuangan dengan gaji karyawan
(HR/Payroll), i2 merupakan solusinya. Hal tersebut disebabkan karena i2 telah menyiapkan
sistem managemen akunting serta penggajian karyawan. Dengan menggunakan i2,
perusahaan juga lebih mudah dalam mengelola absensi karyawan.

3. iSeries: i3

Fungsi dari i3 adalah mengintegrasikan antara inventory atau stok manajemen dengan
pembelian dan penjualan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui secara akurat dengan
memonitor sistem penjualan, basic costing (penentuan harga dasar) sekaligus membatasi
akses sesuai level manajerial atau divisi serta menjaga data kerahasiaan penjualan.

4. iSeries: i5

Dengan menggunakan i5 perusahaan dapat memperoleh manfaat sebagaimana yang diberikan
i3 plus manfaat lainnya yang terkait dengan akunting yaitu melakukan pencatatan akuntansi
seluruh kegiatan yang terkait profit/keuntungan secara otomatis serta terintegrasi dengan
sistem akuntansi, pembelian barang, impor, sistem penjualan/export, dan sistem penggajian.

i Series: Manajemen Penjualan dan Distribusi

5. iSeries: i7

Dengan menggunakan sistem ERP i7, manajemen pabrik dapat lebih efektif dan efisien
dalam menjalankan aktifitas usahanya karena sistem ERP yang satu ini terintegrasi secara
lengkap ke seluruh divisi atau level manajerial dan pemanfaatannya dapat disesuaikan dengan
kebutuhan manajemen pabrik.

Demikian produk dan layanan software ERP SystemEver yang dapat diandalkan untuk
membantu mengelola manajemen perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga
keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar dan bisnis berkembang

My blog readers, sudah siap membawa bisnis anda naik level ke revolusi industri 4.0 yang lebih modern? Masih pensaran kan dengan SystemEver Indonesia, klik aja https://systemever.co.id/. SEMANGAT BERBISNIS YA! (sri murni)

 

9 comments

  1. Lina W. Sasmita

    Saya masih sangat blank dengan sistem software ERP ini. Harus faham dan mengerti dulu.

  2. Ternyata untuk rencana bisnis sudah ada software lengkap untuk umkm ya. Jadi semangat berbisnis sendiri. Semoga lancar jaya bisnisnya ya

  3. Keren sekali mbaak. Buat yang punya bisnis harus open minded nih ya. Saya kebetulan juga sedang merintis bisnis dan tertarik belajar software ERP

  4. apa aplikasi ini mudah digunakan oleh awam? atau harus ada keahlian khusus?

  5. Wah mantap ya era teknologi zaman now ini.. bisnis pun jadi mudah dengan adanya beragam software ternsuk ERP

  6. Febri amancik

    Kebetulan saya juga buka bisnis travel & rental mobil nich, harus di coba nih untuk lebih paham lagi masalah ERP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.